Daftar Beasiswa? Berikut Tips Menulis Cover Letter Yang Menarik

Tips cara menulis motivation letter motlet beasiswa
Motivation letter

Ketika memutuskan siapa yang akan diberikan beasiswa, dewan evaluasi beasiswa memiliki banyak informasi untuk dipertimbangkan. Dalam beberapa kasus, keputusan akan didasarkan pada keunggulan akademik (nilai tinggi, keterampilan bahasa, keterampilan dan catatan akademik keseluruhan yang baik) atau pada faktor ekonomi (berpenghasilan rendah, kesulitan keluarga).

Dalam banyak kasus, Anda diharuskan melampirkan surat lamaran aplikasi beasiswa, di mana Anda harus menjelaskan mengapa Anda melamar beasiswa khusus ini dan bagaimana hal itu dapat membantu Anda mencapai tujuan pendidikan dan karier Anda. Ini adalah salah satu alat terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membuat aplikasi beasiswa Anda berhasil, bersama dengan pengajuan yang benar dari dokumen lain yang diperlukan. Berikut adalah beberapa tips tentang cara menulis surat lamaran beasiswa yang menarik.


Surat lamaran aplikasi beasiswa adalah kesempatan untuk menjabarkan kekuatan utama Anda dari perspektif pendidikan dan profesional, rencana Anda untuk pertumbuhan karir di masa depan, mengapa Anda akan cocok untuk beasiswa ini, dan bagaimana Anda akan mendapat manfaat jika dipilih. Pastikan Anda membahas semua poin ini, menggunakan contoh spesifik jika memungkinkan.

Surat pengantar harus ditulis dalam bahasa formal, dan memiliki alur yang jelas, ringkas, terstruktur. Setiap pelamar juga harus memastikan untuk memeriksa dan memperbaiki kesalahan ejaan atau tata bahasa yang tidak disengaja, apalagi Anda harus menulis dalam Bahasa Inggris.

Agar lebih meyakinkan, mintalah bantuan orang lain, pastikan dia objektif untuk membaca surat yang Anda susun. Hal ini akan meminimalkan risiko kesalahan ejaan atau tata bahasa, dan juga dapat membantu Anda menghilangkan informasi yang tidak jelas, berlebihan atau tidak relevan dengan apa yang Anda minta.

Ada berbagai situasi aplikasi beasiswa di mana Anda akan diminta untuk melampirkan surat lamaran. Anda dapat, pada saat yang sama, melamar masuk ke suatu lembaga atau program. Atau Anda mungkin meminta hibah atau beasiswa untuk menutup biaya kuliah atau biaya lain untuk program yang telah Anda ikuti.

Jika surat Anda ditujukan untuk kasus awal, Anda harus mulai dengan pidato dan salam resmi, diikuti dengan paragraf pendek yang menunjukkan keahlian, prestasi, dan kekuatan akademis Anda. Paragraf berikut harus menjelaskan alasan Anda membutuhkan beasiswa untuk membiayai studi Anda. Paragraf ketiga harus berbicara tentang bagaimana program, kursus atau proyek spesifik yang Anda lamar akan membantu Anda mencapai tujuan Anda, dan bagaimana Anda dapat berkontribusi selama studi Anda. Jangan lupa untuk menutup dengan formal, perpisahan yang sopan.

Jika surat itu meminta dana untuk program yang telah Anda terima, ada beberapa aspek yang harus Anda pertimbangkan. Pendahuluan harus serupa dengan struktur di atas, yang menekankan pada keterampilan akademik Anda. Pada paragraf kedua Anda harus menekankan kondisi keuangan Anda, dan alasan mengapa Anda membutuhkan dana. Dalam paragraf ketiga, Anda dapat menjelaskan minat Anda untuk belajar di institusi khusus itu dan seberapa besar Anda dapat memperoleh manfaat darinya.

Untuk menyimpulkan surat lamaran aplikasi beasiswa dimaksudkan untuk menyoroti kekuatan, keterampilan akademik, dan tujuan Anda, dan Anda harus memastikan bahwa Anda sepenuhnya mengomunikasikan semua ini untuk memastikan kesuksesan Anda.

Dalam kasus-kasus seperti itu, institusi tersebut dapat memberi Anda panduan untuk informasi yang akan dimasukkan dalam surat lamaran aplikasi beasiswa, seperti data pendapatan, latar belakang karier, dll.


Masih bingung mulai menulis dari mana? Tulis pertanyaan kalian di bawah ini

Lebih baru Lebih lama
Jakarta Surabaya Bali Balikpapan Samarinda Pekanbaru Makassar Palu Manado Sorong