10 Kesalahan Umum dalam Penulisan Esai Beasiswa



Tidak ada buku pelajaran atau artikel yang akan mengajarkan Anda cara mendapatkan beasiswa Anda dengan jaminan 100%. Ada terlalu banyak faktor yang mempengaruhi keputusan komite beasiswa, dan kita tidak bisa mengetahuinya. Namun, ada kesalahan yang dapat merusak semua peluang beasiswa, dan di sini kita akan membicarakannya.


Melewatkan Deadline

Ini adalah kesalahan terburuk yang bisa Anda lakukan. Sementara Dosen atau profesor Anda mungkin dapat memberikan Anda perpanjangan waktu atau dispensasi, terutama ketika dalam kondisi yang benar-benar genting (misalnya, Anda benar-benar sakit atau terkena musibah), akan tetapi anggota komite beasiswa tidak akan mentolerir keterlambatan aplikasi, dengan alasan apapun, komite beasiswa tidak akan memindahkan tanggal penyerahan. Aturan adalah aturan.


Menggunakan Template Online 

Tidak apa-apa untuk membaca template-template online sebagai referensi,  melihatnya sebagai contoh, untuk mempelajari struktur darinya, akan tetapi Anda tidak disarankan untuk menggunakannya seperti hanya mengubah beberapa fakta dan nama. Pertama-tama, ini adalah kasus plagiarisme, dan Anda tidak ingin masuk ke cerita itu. Kedua, template tersebut akan terkesan agak dangkaldan trmpale tersebut tidak akan membantu Anda untuk menang.


Menggunakan Template Teman Anda 

Hal yang sama berlaku untuk esai beasiswa teman Anda. Sangat terpuji bahwa teman-teman Anda ingin membantu Anda dengan beasiswa, tetapi apa yang berhasil bagi mereka dapat mengecewakan Anda. Sekali lagi, ini adalah kasus plagiarisme. Jika Anda ingin memiliki esai yang ditulis secara profesional, dan Anda tidak siap untuk melakukannya sendiri, hubungi layanan penulisan esai beasiswa untuk bantuan instan.


Menulis di Momen Terakhir

Tidak akan ada gunanya bagimu jika kamu menulis makalahmu semalam dan mengirimkannya pada saat terakhir. Anda perlu waktu untuk proofreading. Anda perlu memeriksa tautan, fakta, semuanya. Itu sebabnya Anda harus memiliki jadwal pengiriman yang jelas dan mencoba mengikutinya.


Menulis Esai Yang Membosankan

Jika yang dapat Anda pikirkan hanyalah sebuah esai membosankan tentang "Saya baik, beri saya tempat / uang ini," maka mungkin beasiswa ini bukan untuk Anda? Jika Anda benar-benar menginginkan sesuatu, tentu Anda harus terdengar terinspirasi dan bersedia melakukan apa pun untuk mendapatkannya. Jika Anda tidak terinspirasi, anggota komite beasiswa juga tidak akan terinspirasi.


Terlalu Membanggakan Diri Sendiri

Membanggakan diri sendiri secara berlebihan  bukanlah hal yang baik. Anggota komite beasiswa telah membaca banyak esai tentang topik yang sama, dan mereka tahu ketika Anda mendorongnya terlalu keras. Jangan mencoba terlihat lebih profesional dari Anda. Hal itu selalu terlihat konyol. Pilih beberapa kekuatan yang Anda benar-benar miliki dan uraikan dalam kaitannya dengan tema aplikasi beasiswa.


Menulis Terlalu Samar  

Esai beasiswa Anda harus memiliki tujuan yang jelas, dan Anda harus menyampaikannya dengan jelas kepada pembaca. Ingat, satu kalimat - satu pikiran. Satu abstrak - satu gagasan. Satu teks - satu tujuan. Berikan esai Anda kepada teman-teman Anda untuk dibaca, dan tanyakan kepada mereka apa ide utama dari teks ini saat mereka melihatnya. Bandingkan dengan tujuan Anda yang sebenarnya.


Bohong, Berbohong, Kebohongan!

Intinya jangan pernah melakukan atau menyatakan kebohongan. Just don't!


Terlalu Rendah Hati 

Kami memberi tahu Anda untuk tidak "menjual" diri sendiri terlalu keras, tetapi, pada saat yang sama, Anda tidak boleh terlalu rendah hati ketika berbicara tentang prestasi Anda. Esai Anda harus logis, masuk akal, dan didasarkan pada peristiwa dan tujuan nyata. Jika Anda tidak percaya pada diri sendiri, tidak ada yang mau.


Menggunakan terlalu banyak Kutipan dan Referensi   

Ini bukan makalah penelitian, jadi jangan gunakan terlalu banyak referensi ke sumber eksternal untuk membuktikan maksud Anda. Jaga keseimbangan antara pribadi dan akademik. Buatlah anggota komite penasaran dengan tulisan Anda, tetapi jangan gunakan terlalu banyak kutipan dari "orang bijak" di dunia bisnis atau filsafat.

Bahkan jika Anda menghilangkan kesalahan potensial dari tulisan Anda, masih ada kemungkinan Anda gagal. Itulah sebabnya ada baiknya untuk memiliki beberapa opsi cadangan dan beberapa permintaan beasiswa ke tempat yang berbeda. Semoga berhasil dengan aplikasi Anda!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama