Jurusan Aeronautical Engineering [Overview]


Jurusan aeronautical engineering mewakili cabang teknik yang berkaitan dengan penelitian, desain, pengembangan, konstruksi, pengujian, sains dan teknologi pesawat. Bidang ini juga mencakup penyelidikan karakteristik aerodinamis pesawat terbang, termasuk perilaku dan faktor-faktor terkait seperti airfoil, control surfaces, lift and drag dan sejenisnya. Dalam beberapa tahun terakhir, aeronautical engineering telah menjadi salah satu dari dua cabang besar teknik kedirgantaraan, dengan teknik astronautis menjadi yang kedua.

Jika Anda terpesona oleh sejarah dan metodologi di balik mesin terbang - dari sketsa konseptual awal Leonardo Da Vinci dan penerbangan terkenal Wright Bersaudara tahun 1903 hingga kecanggihan dan kemajuan jet modern - teknik aeronautika atau aeronautical engineering bisa menjadi gelar untuk Anda.

Apa yang akan dipelajari gelar teknik penerbangan? 

Anda biasanya akan menemukan gelar teknik penerbangan yang disebut sebagai BEng (Bachelor of Engineering / Sarjana Teknik) dan MEng (Masters in Engineering / Magister Teknik). Gelar teknik penerbangan pada tingkat sarjana biasanya berlangsung tiga atau empat tahun, tetapi banyak lembaga memungkinkan siswa untuk maju secara langsung menjadi Magister Teknik Penerbangan, memperpanjang waktu belajar dengan satu atau dua tahun tambahan.

Sistem pengajaran jurusan ini berbasis kuliah, selain belajar di kelas siswa juga mengikuti latihan laboratorium, menghadiri tutorial dan berpartisipasi dalam kunjungan lapangan. Kerja kelompok dan kerja desain kelompok dapat menjadi elemen, dengan studi independen diharapkan di semua program gelar, dan penilaian dibagi antara ujian dan proyek kursus. Bergantung pada fasilitas lembaga yang Anda pilih, Anda mungkin dapat menghadiri seminar yang diberikan oleh para ahli di industri dirgantara, dan bahkan merasakan pengalaman dalam simulator penerbangan.

Persyaratan masuk untuk gelar teknik penerbangan :

Anda harus sangat kompeten dalam matematika dan fisika, kompetensi Anda dalam dua mata pelajaran ini akan diuji secara ketat. Dan, jika gelar Anda diajarkan dalam bahasa Inggris dan Anda adalah seorang siswa internasional, Anda mungkin perlu membuktikan kemahiran Anda melalui ujian standar seperti IELTS atau mengambil kursus bahasa Inggris sebelum memulai gelar Anda untuk mendapatkan visa pelajar atau masuk ke dalam program.

Spesialisasi teknik penerbangan

Secara teknis, gelar teknik penerbangan Anda akan dikhususkan sejak hari pertama, karena Anda akan berkonsentrasi pada bidang tertentu. Meskipun demikian, Anda akan memasukkan banyak konsep teknik umum ke dalam subjek teknik penerbangan. Seperti halnya jurusan teknik apa pun, oleh karena itu, Anda mungkin akan mulai dengan landasan dalam matematika, fisika, mekanik dan elektronik - semua topik penting untuk perancangan, pembangunan dan pengujian pesawat terbang.

Topik-topik teknik penerbangan yang lebih spesifik yang mungkin Anda bahas pada tahun-tahun pertama dan kedua meliputi: pengantar aerodinamika, pengantar analisis struktural dan kursus dalam dinamika dan kontrol, struktur dan bahan, desain pesawat, kinerja pesawat, komputasi, elektronik, mekanika fluida, statika, rekayasa sistem, telekomunikasi, dan termodinamika.

Seperti yang Anda harapkan, semakin jauh Anda meraih gelar Anda, semakin banyak ruang lingkup untuk mengejar minat Anda sendiri, memperluas pembelajaran dasar Anda dan mempersonalisasi gelar Anda. Ketika tiba saatnya untuk memilih spesialisasi, Anda bisa memilih beberapa opsi berikut ini:

  • Aerodynamics 
Bidang teknik ini berkaitan dengan interaksi antara benda dan atmosfer, dan studi tentang kekuatan dan gerakan benda yang dihasilkan melalui atmosfer. Mempelajari aerodinamika mencakup mata pelajaran seperti desain aerodinamis, aliran kompresibel, kontrol aliran, pengukuran aliran, kontrol daya, desain struktural dan dinamika fluida.
Anda akan belajar bagaimana menggunakan terowongan angin dan dinamika fluida komputasi / computational fluid dynamics (CFD) untuk pemodelan aerodinamik, membangun model skala, dan melakukan pengujian penerbangan. Anda juga akan belajar tentang kontrol aliran dan penilaian, aerodinamika engine dan eksperimental, aliran transonik, dinamika gas hipersonik dan suhu tinggi serta aerodinamika peluncuran dan pemasukan kembali.
Karena pencarian untuk perbaikan aerodinamis dan optimalisasi kinerja untuk generasi pesawat berikutnya kemungkinan akan terus berlanjut, kebutuhan akan insinyur dengan pengetahuan khusus tentang perilaku aliran fluida akan selalu lazim. Juga, meningkatkan kesadaran lingkungan berarti ada penekanan yang lebih besar pada perbaikan aerodinamis dalam elemen-elemen seperti kontrol penerbangan dan aspek dinamika penerbangan.
  • Composites analysis 
Studi bahan komposit canggih / advanced composite materials (ACM), analisis komposit melibatkan menganalisis bahan komposit berkinerja tinggi untuk kemampuan mereka di pesawat baru, bagian struktural kedirgantaraan dan aplikasi rekayasa menantang lainnya. Anda akan mendapatkan wawasan tentang sistem komposit (polimer, logam, keramik) dan mempelajari teknik analitis seperti fraktografi, pengujian mekanis, analisis stres, analisis elemen hingga, dan analisis laminasi. Anda juga akan mencakup desain, penggabungan, deteksi cacat, evaluasi non-destruktif, kelelahan, dampak, lingkungan, antarmuka serat / matriks, kekakuan / kekuatan dan ilmu manufaktur. Analisis komposit penting dalam upaya membuat bahan yang lebih ringan namun kuat untuk pesawat.
  • Avionics 
Istilah avionik mengacu pada sistem elektronik yang digunakan pada pesawat terbang, satelit buatan dan pesawat ruang angkasa. Sebuah portmanteau 'penerbangan' dan 'elektronik', avionik meliputi instrumentasi penerbangan, tampilan kokpit, komputer, peralatan navigasi, sistem autopilot, sistem radar, sistem akuisisi data, sistem diagnostik, komunikasi dan sistem kontrol lalu lintas udara, sistem penentuan posisi global satelit, hitam kotak, sistem cuaca, pengiriman dan pengiriman senjata, dan sensor ketinggian dan kecepatan.

Dimulai dengan pengantar avionik, Anda akan membahas topik-topik seperti sistem dan desain avionik, kompatibilitas elektromagnetik, dinamika dan kontrol penerbangan, kontrol gerak dan sistem penggerak servo, radar dan navigasi, keandalan dan kegagalan dan instrumentasi canggih.
  • Propulsion 
Bidang ini melibatkan mempelajari mekanika aliran, termo-dinamika, dinamika gas, dan kekuatan material. Melihat pilihan mesin kendaraan yang tepat, propulsi adalah tentang desain, pengembangan, produksi, perakitan dan pengujian mesin pesawat yang harus memenuhi persyaratan daya dan kinerja tertentu. Anda akan fokus pada pertimbangan propulsi dasar, turbo, ruang bakar, afterburner, desain nozzle roket, desain asupan subsonik dan supersonik, serta konfigurasi turbin gas.
Anda akan belajar teori untuk propulsi berbasis propeller, menyelidiki efisiensi propulsi dari berbagai jenis propulsi pesawat, mempertimbangkan dampak lingkungan dari propulsi pesawat dan penerbangan pesawat berkecepatan tinggi, dan pulang dengan kesadaran akan termodinamika dan aerodinamika aliran di turbin gas. Anda juga dapat mempelajari berbagai bentuk propulsi termasuk propulsi listrik dan ion.
  • Structures and materials
Jika Anda menikmati kursus dasar dalam struktur dan bahan, Anda dapat memilih untuk mengambil spesialisasi dalam bidang ini nanti dalam gelar Anda. Anda akan mempelajari terminologi khas yang terkait dengan struktur pesawat dan bagaimana menilai perilaku struktural melalui kombinasi teknik analitik, eksperimental dan numerik seperti analisis elemen hingga. Anda juga akan belajar cara memprediksi, dan memvalidasi melalui eksperimen, perilaku anggota struktural yang di bawah beban, cara merancang dan mengukur konfigurasi struktural pesawat dengan berbagai kombinasi beban dalam pikiran dan mempelajari tentang (dan mungkin menemukan) bahan baru, kombinasi bahan hibrid dan jelajahi konsep struktural baru - semua dengan tujuan menjaga struktur dan bahan seringan mungkin.
Sementara banyak dari topik teknik penerbangan utama terdaftar di atas, tersedia juga pilihan spesialisasi lainnya. Anda juga dapat memilih untuk berspesialisasi dalam produk teknik aeronautika tertentu seperti transportasi komersial, jet tempur militer, helikopter, pesawat ruang angkasa, atau rudal dan roket.

Karir teknik penerbangan

Setiap topik teknik penerbangan Anda akan dibahas selama gelar Anda kemungkinan akan memiliki peran yang sesuai dalam karir teknik penerbangan. Apakah Anda tertarik untuk merancang, menguji atau berkonsultasi, di sektor komersial, ilmiah atau militer, kemungkinan Anda harus mendapatkan setidaknya gelar master untuk mendapatkan spesialisasi tingkat tinggi yang diperlukan untuk diterima menjadi menguntungkan posisi dalam industri teknik penerbangan. Anda perlu memastikan bahwa Anda mengikuti perkembangan di lapangan sepanjang karir Anda, dan mungkin juga mendapat manfaat dari belajar kursus terakreditasi secara profesional, baik langsung setelah gelar Anda atau paruh waktu saat bekerja.

Beberapa karir teknik penerbangan yang populer meliputi:

  • Aeronautical engineer 
  • Aeronautical researcher 
  • Aeronautical designer 
  • Aeronautical maintenance technician 
  • Aeronautical consultant

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Jakarta Surabaya Bali Balikpapan Samarinda Pekanbaru Makassar Palu Manado Sorong