Jurusan Chemical Engineering [Overview]


Pernah bertanya-tanya bagaimana bahan seperti nilon dan poliester dibuat? Bagaimana mungkin membuat makanan tetap segar lebih lama? Atau apa yang terjadi di dalam instalasi pengolahan air? Mungkin Anda tahu semua itu, tetapi ingin tahu tentang bagaimana tanaman bionik, pemanenan kabut, dan karbon nanotube dapat digunakan untuk meningkatkan dunia di sekitar Anda. Ini hanya beberapa contoh topik yang mungkin Anda bahas sebagai bagian dari gelar teknik kimia - pada dasarnya studi tentang cara mengubah bahan baku menjadi produk yang bermanfaat, setiap hari (atau mungkin lebih khusus).

Apa itu Chemical Engineering?

Teknik kimia merupakan cabang multi-disiplin teknik yang menggabungkan ilmu-ilmu alam dan eksperimental (seperti kimia dan fisika), bersama dengan ilmu kehidupan (seperti biologi, mikrobiologi dan biokimia) ditambah matematika dan ekonomi untuk merancang, mengembangkan, memproduksi, mengubah, mengangkut, mengoperasikan, dan mengelola proses industri yang mengubah bahan mentah menjadi produk yang berharga.

Banyak proses dalam rekayasa kimia melibatkan reaksi kimia, dan lapangan mengambil petunjuk dari ahli kimia yang mencari cara baru untuk membuat produk dan untuk menyelidiki mekanisme dalam reaksi kimia. Insinyur kimia kemudian menerjemahkan informasi kimia ini untuk merumuskan desain. 

Dengan demikian, ada dua subkelompok besar yang lebih baik menjawab pertanyaan "Apa itu teknik kimia?" - antara lain:
  1. Merancang, membuat dan mengoperasikan pabrik dan mesin untuk melakukan proses kimia industri, biologi atau proses terkait skala besar. Mengembangkan zat baru atau yang diadaptasi untuk berbagai macam produk 
  2. Insinyur kimia mungkin berspesialisasi dalam satu atau subkelompok lain, tetapi pekerjaan dari kedua sisi akan diperlukan untuk membuat produk akhir. Mereka perlu mempertimbangkan kelayakan ekonomi, pengelolaan sumber daya, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan dan dampak lingkungan.
Persyaratan masuk Jurusan Chemical Engineering

Persyaratan masuk untuk gelar teknik kimia biasanya menekankan latar belakang yang kuat dalam kimia dan matematika, sementara pengetahuan ilmu lain bermanfaat. Beberapa latar belakang pengetahuan tentang sifat teknik kimia dan berbagai aplikasi dunia nyata juga merupakan cara yang baik untuk membuktikan kepada petugas penerimaan universitas bahwa Anda memiliki minat dalam mengejar gelar teknik kimia.

Banyak institusi menerima serangkaian rute masuk ke teknik kimia - Anda dapat masuk dari latar belakang ilmu alam, atau melalui teknik atau ilmu komputer. Beberapa institusi bahkan lebih fleksibel, menerima siswa dari semua disiplin ilmu. Dan, jika Anda tidak memiliki nilai atau mata pelajaran yang diperlukan untuk masuk, beberapa lembaga menawarkan kursus dasar untuk membantu Anda mempercepat dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan.

Jika Anda memiliki ijazah atau sertifikat tingkat rendah serupa dalam teknik kimia dari lembaga yang diakui, Anda mungkin dapat diterima langsung di tahun kedua program gelar teknik kimia - tanyakan pada lembaga yang Anda minati cari tahu apakah ini opsi.

Apa saja yang akan dipelajari gelar Chemical Engineering

Gelar teknik kimia tingkat sarjana dapat bertahan dari tiga hingga lima tahun. Durasi bervariasi berdasarkan institusi dan negara tempat Anda belajar, tetapi juga tergantung pada apakah Anda memilih untuk belajar Sarjana Teknik / Bachelor of Engineering (Beng) atau Magister Teknik / Master of Engineering (MEng) - juga disebut sebagai Sarjana Sains / Bachelor of Science (BS) ) atau Master of Science (MS) tergantung pada konvensi penamaan nasional.

Beng akan berlangsung tiga hingga empat tahun, dan MEng empat hingga lima tahun. Beberapa institusi mungkin juga menawarkan kesempatan bagi siswa Beng untuk pindah ke program gelar MEng terkait selama paruh kedua dari gelar mereka, asalkan mereka memenuhi persyaratan akademik tertentu. Sebaliknya, mereka yang terdaftar di program MEng mungkin dapat memotong gelar mereka dan lulus dengan BEng sebagai gantinya.

MEng memungkinkan siswa untuk mengembangkan kedalaman keterampilan teknik kimia, pengetahuan dalam teknik kimia dan menyelesaikan berbagai pekerjaan proyek yang lebih luas. Setelah Anda mengumpulkan pengalaman kerja yang diperlukan, kualifikasi, keterampilan dan pengetahuan, MEng terakreditasi juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan status Chartered Chemical Engineer. Banyak institusi menawarkan "tahun sandwich", di mana siswa menghabiskan satu tahun bekerja di industri dan / atau belajar di luar negeri. Anda mungkin juga dapat menggabungkan teknik kimia dengan disiplin lain seperti teknik lingkungan, manajemen bisnis, bahasa asing dan mata pelajaran dalam humaniora.

Terlepas dari apakah Anda memilih BEng atau MEng, Anda akan memulai program gelar Anda dengan beberapa mata kuliah teknik kimia inti, yang mencakup bidang-bidang seperti matematika murni dan terapan, komputasi dan desain berbantuan komputer (CAD), dan sains. Anda kemudian akan melanjutkan untuk mempelajari topik-topik ini secara lebih mendalam, dengan opsi untuk berspesialisasi dengan memilih dari berbagai program studi pilihan. Di tahun-tahun berikutnya, Anda akan pindah ke kelas laboratorium yang lebih maju, bekerja dengan peralatan skala besar dan industri. Anda juga dapat berharap untuk belajar tentang konteks yang lebih luas dari teknik kimia, termasuk masalah keuangan, etika dan lingkungan, dan mungkin memiliki kesempatan untuk belajar kursus bisnis, keuangan dan manajemen.

Biasanya, kursus teknik kimia diajarkan melalui kombinasi kuliah, tutorial, seminar, sesi praktik komputer, pekerjaan laboratorium praktis yang luas, dan pekerjaan proyek (individu dan kelompok). Beberapa institusi akan menawarkan pengajaran online, serta kunjungan lapangan (atau kerja lapangan). Lembaga Anda juga dapat memberikan kelas oleh para profesional industri, yang akan memberikan wawasan tentang praktik dan masalah industri saat ini.

Penilaian akhir biasanya merupakan proyek penelitian dan pengembangan yang substansial, tetapi Anda juga dapat diuji melalui ujian tertulis, kursus, laporan laboratorium, ujian pilihan berganda, presentasi lisan, dan wawancara.

Jurusan Chemical Engineering
Jurusan teknik kimia terus berkembang. Beberapa program belajar teknik kimia yang biasa Anda ikuti meliputi mekanika fluida, perpindahan massa dan panas, teknik pemisahan bahan, termodinamika, desain pabrik, sistem proses, ekonomi proses, analisis proses, dan operasi proses. Program lain dapat mencakup teknik biokimia, koloid dan ilmu antarmuka, manajemen teknik, lingkungan, teknik makanan, proses makanan, bahan bakar fosil, penyerapan dan adsorpsi gas, pengolahan limbah cair, ilmu membran, nanosains, energi nuklir, petrokimia, pengembangan proses farmasi, reaksi teknik, desain reaktor, teknik keselamatan dan bahaya, teknik berkelanjutan dan pengelolaan limbah. 

Beberapa kursus teknik kimia paling populer yang dapat Anda pilih antara lain:
  1. Chemical reaction engineering
  2. Plant design
  3. Process engineering
  4. Transport phenomena
  5. Process design
Bekerja di Bidang Chemical Engineering 
Banyak bidang profesional bergantung pada keterampilan teknik kimia, pengetahuan dan keahlian, dari lingkungan dan energi hingga medis, gastronomi dan teknologi. Memang, teknik kimia sangat penting untuk hampir setiap bidang aktivitas manusia - sebagai lulusan dalam subjek ini, Anda dapat memilih untuk menerapkan pengetahuan Anda dalam berbagai sektor yang mengesankan.

Beberapa pekerjaan dan sektor teknik kimia populer termasuk energi alternatif, biomedis, bioteknologi, produk kimia (seperti bahan kimia halus dan bahan kimia khusus), manufaktur kimia, teknik sipil, barang konsumen, kosmetik, teknik desain, elektronik, lingkungan, makanan dan minuman, pupuk , bahan bakar dan energi, perawatan kesehatan, bahan, pertambangan dan mineral, energi nuklir, minyak dan gas, pembuatan kertas, farmasi, petrokimia, plastik dan polimer, keselamatan proses, teknik berkelanjutan, tekstil, perlengkapan mandi, air dan pengelolaan limbah.

Banyak pekerjaan teknik kimia dalam peran seperti konsultasi, penelitian dan pengembangan, teknik lapangan, dan desain dan manufaktur. Lulusan teknik kimia lainnya memilih untuk menerapkan keterampilan mereka di bidang yang tidak terlalu erat hubungannya, mengejar karir di bidang manajemen bisnis, keuangan, hukum, kedokteran, angkatan bersenjata, lingkungan dan konservasi, akademisi dan pengajaran. Namun, banyak yang memilih untuk melanjutkan sebagai insinyur kimia profesional.

Apa yang dilakukan insinyur kimia?
Seorang insinyur kimia atau insinyur proses terlibat dalam penelitian, desain, pengembangan, konstruksi, modifikasi dan operasi proses industri dan mesin yang digunakan untuk menghasilkan beragam item. Bergantung pada peran spesifik Anda, Anda mungkin meneliti dan mengembangkan produk baru dari percobaan ke komersialisasi, mengelola proses dari pengujian di pabrik kecil hingga manufaktur skala industri penuh, mengembangkan perbaikan pada lini produk, memodifikasi pabrik pemrosesan, dan merancang dan commissioning pabrik baru . Setelah periode kerja tertentu di sektor ini, Anda dapat melamar untuk mendapatkan status Chartered resmi, atau yang setara di negara Anda - suatu tanda kompetensi profesional.

Sementara kegiatan spesifik akan tergantung pada peran dan sektor di mana Anda bekerja, sebagian besar pekerjaan teknik kimia kemungkinan membutuhkan kerja sama dengan tim teknisi dan insinyur teknik kimia. Mereka akan menggunakan keterampilan teknik kimia mereka untuk menerapkan teknologi dan pendekatan baru, memastikan efisiensi dan keuntungan maksimum, memakai pakaian dan peralatan pelindung saat berada di laboratorium / pabrik produk, mengembangkan metode untuk menangani produk sampingan dan bahan limbah dengan aman, dan memastikan potensi keselamatan masalah dipertimbangkan pada semua tahap. Bergantung pada peran Anda, Anda mungkin hanya bekerja di lab, kantor, atau pabrik pemrosesan, atau membagi waktu Anda di antara ketiganya. Calon dengan bakat kepemimpinan juga dapat naik menjadi manajer pabrik atau eksekutif perusahaan.

Beberapa pekerjaan teknik kimia meliputi:

  1. Food processing
  2. Pharmaceutical consultant 
  3. Wastewater management 
  4. Energy process engineer

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama