Jurusan Civil Engineering [Overview]


Apa artinya gelar dalam teknik sipil bagi Anda? Nah, jika Anda memilih untuk mengejar gelar teknik sipil, Anda akan menemukan sejauh mana insinyur sipil membentuk, membangun, memelihara dan memperluas masyarakat. Apakah itu jembatan, satelit ruang angkasa, bendungan, jalan atau terowongan, insinyur sipil adalah orang-orang yang merancang, membangun, dan mengelola seluruh proses, mulai dari pengembangan hingga evaluasi.

Lulusan teknik sipil adalah otak di balik semua struktur terbesar dan paling penting yang mengelilingi kita - bangunan, jaringan transportasi, pasokan energi dan air - dan karenanya nilai mereka dalam masyarakat sangat besar. Dalam beberapa tahun terakhir, profesi ini telah melihat kekurangan lulusan yang berpengalaman, yang berarti bahwa sekarang, lebih dari sebelumnya, lulusan teknik sipil sangat dicari.

Apa itu teknik sipil?

Pertama-tama, apa itu teknik sipil? Teknik sipil adalah praktik profesional dalam merancang dan mengembangkan proyek infrastruktur. Ini bisa dalam skala besar, seperti pengembangan sistem transportasi nasional atau jaringan pasokan air, atau dalam skala yang lebih kecil, seperti pengembangan jalan atau bangunan individu.

Semua aspek membangun struktur berada di bawah kewenangan insinyur sipil. Ini dapat mencakup perencanaan, desain, penganggaran, survei, manajemen dan analisis konstruksi, dan seringkali karir teknik sipil mencakup kombinasi dari semua elemen ini.

Hal hebat tentang teknik sipil di dunia nyata adalah bahwa itu adalah industri yang terus-menerus beradaptasi dengan tuntutan dan keinginan masyarakat. Dalam beberapa tahun terakhir teknik sipil telah beradaptasi untuk mempertimbangkan banyak masalah lingkungan kontemporer, membantu mengatasi masalah polusi dan persediaan air yang langka, sambil mempertimbangkan potensi energi berkelanjutan dalam industri.

Jurusan Civil Engineering

Jika Anda belajar teknik sipil di tingkat sarjana, Anda akan belajar menerapkan matematika dan pengetahuan ilmiah (terutama fisika) untuk situasi dan masalah kehidupan nyata yang timbul dari menciptakan dan memelihara struktur, dengan mempertimbangkan pertimbangan lingkungan, keuangan, hukum dan etika.

Pada intinya, teknik sipil adalah kombinasi dari banyak spesialisasi ilmiah, termasuk mekanik, hidrolika, geoteknik (menggunakan pengetahuan kerak bumi untuk menyelesaikan masalah konstruksi), ilmu material dan analisis statistik. Dengan demikian, studi tentang elemen-elemen dasar ini akan banyak ditampilkan pada tahun-tahun awal gelar teknik sipil.

Selain sisi yang lebih ilmiah, mereka yang belajar teknik sipil akan dapat mengembangkan keterampilan desain mereka, khususnya desain yang dibantu komputer. Pekerjaan proyek sangat penting bagi subjek, yang berarti bahwa pada tahun-tahun terakhir gelar Anda, Anda akan dapat menyelesaikan proyek desain Anda sendiri secara individu atau dalam suatu tim.

Selain sisi yang lebih ilmiah, mereka yang belajar teknik sipil akan dapat mengembangkan keterampilan desain mereka, khususnya desain yang dibantu komputer. Pekerjaan proyek sangat penting bagi subjek, yang berarti bahwa pada tahun-tahun terakhir gelar Anda, Anda akan dapat menyelesaikan proyek desain Anda sendiri secara individu atau dalam suatu tim.

Mereka yang mempelajari teknik sipil juga dapat memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam kunjungan lapangan dan menyelesaikan penempatan industri, baik sebagai 'tahun di industri' atau untuk periode yang lebih singkat.

Persyaratan masuk jurusan Civil Engineering

Keterampilan teknik sipil berakar kuat dalam matematika dan sains, dan tingkat kemahiran yang tinggi dalam mata pelajaran ini diperlukan untuk memprediksi kinerja dan kemampuan struktur yang mereka buat. Untuk alasan ini, siswa dengan latar belakang yang kuat dalam fisika dan matematika yang juga tertarik dalam merancang struktur fungsional, dari jembatan ke sistem tenaga air, adalah kandidat utama untuk belajar teknik sipil.

Meskipun persyaratan masuk bagi mereka yang ingin belajar gelar teknik sipil bervariasi antara lembaga, kebanyakan universitas meminta nilai akademik yang kuat dalam mata pelajaran matematika dan sains. Karena sifat khusus teknik sipil, banyak kursus sangat selektif dan kompetitif, yang berarti bahwa nilai tertinggi (di Inggris, tiga As di A-level) adalah persyaratan umum di antara sekolah-sekolah terkemuka.

Spesialisasi Jurusan Civil Engineering

Spesialisasi teknik sipil yang Anda pilih akan bergantung pada jenis struktur yang paling Anda minati, dan bagian masyarakat mana yang ingin Anda bantu bangun atau tingkatkan. Beberapa spesialisasi yang paling umum meliputi:
  • Structural engineering
Tidak mengherankan, teknik struktural berfokus pada struktur. Ini bisa termasuk rumah, jembatan, teater, sekolah, rumah sakit dan bendungan, tetapi juga mesin dan kendaraan - bahkan pesawat udara dan pesawat ruang angkasa. Anda akan belajar tentang bekerja dengan bahan yang berbeda, distribusi tegangan dan regangan, efek dari kekuatan internal dan eksternal, dan strategi untuk memperkuat dan merehabilitasi struktur yang ada.
Dalam peran profesional, Anda akan bekerja dalam kemitraan erat dengan insinyur dan arsitek lain, dan mungkin juga bertanggung jawab untuk memastikan struktur menahan semua elemen lingkungan dan tetap stabil dan aman selama penggunaannya.
  • Architectural engineering
Dalam banyak hal teknik arsitektur sangat mirip dengan teknik struktural, tetapi umumnya spesialisasi ini lebih terfokus pada detail dan sistem dalam struktur - seperti sistem pemanas dan pencahayaan, ventilasi dan akustik. Meskipun sangat ilmiah, insinyur arsitektur juga akan sangat terlibat dalam desain estetika struktur mereka.
  • Transportation engineering
Rekayasa transportasi berkaitan dengan desain infrastruktur untuk mendukung perjalanan melalui udara, di laut dan di darat. Ini mencakup perencanaan dan peningkatan sistem jalan dan kereta api, pelabuhan dan pelabuhan, bandara dan landasan pacu.
  • Geotechnical engineering
Rekayasa geoteknik berarti mengkhususkan diri dalam perilaku bahan-bahan Bumi - pada dasarnya tanah dan batu. Insinyur geoteknik dapat dipekerjakan di sektor pertambangan dan perminyakan, dan juga dapat terlibat dalam proyek-proyek rekayasa struktural, memberikan saran tentang fondasi untuk struktur di atas tanah, dan juga pada proyek bawah tanah atau bawah air.
  • Environmental engineering
Teknik lingkungan berfokus pada pengembangan strategi untuk mencegah atau mengurangi kerusakan lingkungan. Masalah utama termasuk polusi udara dan air, serta pembuangan bahan limbah. Kursus teknik sipil lainnya yang lebih terspesialisasi yang mungkin tersedia bagi Anda termasuk desain jembatan, manajemen lingkungan, teknik pesisir, dan teknik gempa.
  • Hydraulic engineering
Rekayasa hidraulik berkaitan dengan pergerakan atau kontrol benda cair yang besar, termasuk pasokan air dan sistem pembuangan limbah, irigasi, fasilitas pendingin, penghalang banjir dan badai, dan tenaga air.
Karir Civil Engineering

Karier teknik sipil sama-sama bermanfaat dan menantang dan dapat melibatkan elemen-elemen konstruksi, desain, kepemimpinan dan manajemen, tergantung pada minat dan pengetahuan khusus yang Anda peroleh di universitas. Anda akan sering menemukan banyak peluang untuk kreativitas dan inovasi, serta imbalan dari melihat proyek membuahkan hasil. Semua insinyur sipil membutuhkan pengetahuan yang baik tentang metode desain dan konstruksi, teknologi saat ini dan praktik terbaik, serta undang-undang dan peraturan yang relevan.

Karier teknik sipil sering menawarkan prospek yang baik untuk kemajuan, dan potensi untuk mendapatkan gaji yang lebih baik dari rata-rata, dengan banyak negara di seluruh dunia memperkirakan permintaan tinggi di tahun-tahun mendatang. Sementara sektor teknik menawarkan berbagai peran yang berbeda, beberapa jalur karier teknik sipil yang paling umum meliputi:

Chartered civil engineer
Civil engineering careers in consultancy
Contracting civil engineer
Maintenance engineering
Building control surveyor

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Jakarta Surabaya Bali Balikpapan Samarinda Pekanbaru Makassar Palu Manado Sorong