Jurusan Electrical Engineering [Overview]



Tenaga dan sistem listrik berada di jantung masyarakat modern - dan demikian pula para insinyur listrik dan elektronik. Para insinyur yang berspesialisasi dalam bidang-bidang ini telah mengubah abad ke-21 dengan teknologi seperti sistem tenaga listrik universal, televisi, radio, dan pencitraan medis untuk menyebut beberapa contoh saja.

Di antara insinyur elektronik dan listrik paling terkenal yang mungkin pernah Anda dengar adalah Nikola Tesla (pelopor listrik komersial dan elektromagnetisme), Thomas Edison (pengembang bola lampu dan penemu pemutar rekaman), Jack Kilby (penemu kalkulator saku dan sirkuit terintegrasi), Marcian Hoff (penemu mikroprosesor) dan Martin Cooper (penemu ponsel).

Gelar teknik listrik akan membekali siswa dengan pengetahuan tentang cara kerja industri, serta memberi mereka keterampilan teknik dan pengetahuan teknologi yang diperlukan untuk merancang, menilai, dan meningkatkan sistem listrik dan elektronik.

Apakah perbedaan dari electrical dengan electronics engineering?

Perbedaan antara teknik listrik dan elektronik sering kabur, tetapi secara umum benar untuk mengatakan bahwa insinyur listrik terutama berkaitan dengan produksi skala besar dan distribusi tenaga listrik, sementara insinyur elektronik fokus pada sirkuit elektronik yang jauh lebih kecil.

Dalam gelar teknik elektronik, Anda cenderung mengembangkan pemahaman ahli tentang sirkuit yang digunakan dalam komputer dan teknologi modern lainnya, dan untuk alasan inilah teknik elektronik sering diajarkan bersama dengan ilmu komputer. Gelar teknik listrik atau elektronik juga akan tumpang tindih dengan teknik mesin dan sipil.

Apa saja yang akan dipelajari jurusan Electical Engineering dan Electronics Engineering?

Jika Anda tertarik pada cara kerja perangkat listrik, ingin tahu, dan memiliki minat yang kuat dalam matematika dan sains, maka Anda mungkin sudah memiliki beberapa keterampilan teknik penting dan gelar teknik listrik atau elektronik mungkin cocok untuk Anda. Meskipun pengetahuan teknis sangat penting, insinyur listrik juga terlibat dalam merancang dan membangun berbagai perangkat, sering kali dalam tim.

Pada tingkat sarjana, gelar teknik elektro akan bertujuan untuk memberikan siswa landasan dalam prinsip-prinsip yang mendasari teknik elektronik dan listrik, sebelum memungkinkan spesialisasi di bidang yang diminati kemudian dalam kursus. Siswa juga akan dilibatkan dalam proyek yang bekerja dalam kelompok.

Seperti kebanyakan mata pelajaran teknik, yang terbaik adalah membayangkan bahwa Anda akan berkomitmen untuk kursus Anda setiap hari dalam minggu kerja. Meskipun Anda hampir pasti tidak akan duduk di kuliah selama delapan jam sehari, jadwal studi Anda akan sibuk dan akan menampilkan berbagai metode pembelajaran, termasuk pekerjaan laboratorium, tutorial, kuliah, pekerjaan proyek, kerja kelompok dan penelitian individu.

Di luar pelajaran yang dijadwalkan, Anda juga akan diminta untuk mengembangkan pengetahuan Anda dengan bekerja melalui daftar bacaan kursus Anda.

Anda juga dapat mengatur masalah teknis untuk diselesaikan, serta tugas tugas kuliah dan laporan laboratorium untuk diserahkan. Sesi yang lebih praktis juga dapat mencakup pembongkaran perangkat elektronik untuk melihat cara kerjanya, dan kemudian menyatukannya kembali. Ini membantu siswa belajar bagaimana mengembangkan dan menerapkan keterampilan teknik mereka, daripada hanya menghafalnya dari buku teks.

Syarat masuk jurusan Electrical Engineering dan Electronics Engineering

Untuk mempelajari gelar teknik elektro, Anda akan membutuhkan latar belakang yang kuat dalam mata pelajaran matematika dan sains (terutama fisika). Namun, jangan dihalangi; banyak kursus akan dimulai dengan beberapa modul dasar yang dirancang untuk memastikan pengetahuan latar belakang ini sesuai dengan standar yang disyaratkan.

Untuk universitas terkemuka, biasanya diminta untuk mendapatkan nilai terbaik. Sebagai contoh, University College London (UCL) meminta siswa UK untuk memperoleh nilai A-level AAA / A * AB, dan siswa internasional akan diharapkan untuk mendapatkan yang setara.

Spesialisasi jurusan Electrical Engineering

Selama sebagian besar gelar teknik listrik, siswa akan diberikan kesempatan untuk mengkhususkan diri dalam sejumlah bidang terkait. Spesialisasi tingkat teknik elektrik yang umum meliputi pembangkit dan transmisi energi, magnetostatik dan elektrostatik (jenis muatan listrik), dan instalasi listrik (seperti sistem pemanas dan penerangan).

Sementara spesialisasi gelar teknik elektronik dapat mencakup topik-topik seperti analog dan desain sirkuit digital, komunikasi digital, teknologi nirkabel, dan pemrograman komputer. Jika Anda tertarik pada karier berbasis manajemen, Anda mungkin ingin belajar teknik listrik di samping topik manajemen. Program manajemen teknik khusus menawarkan kesempatan untuk mempelajari teknik-teknik manajemen industri dalam konteks teknik listrik, termasuk operasi dan manajemen rantai pasokan.

Lebih jauh ke dalam kursus, Anda mungkin memiliki kesempatan untuk berspesialisasi dalam penerapan teknik listrik atau elektronik dalam industri tertentu. Contohnya termasuk:

Power generation and supply
Communications and media
Computer systems
Robotic systems

Kair jurusan Electrical Engineering

Karir teknik elektro menawarkan prospek yang kuat di banyak bagian dunia. Di Australia, misalnya, pemerintah melaporkan tingkat pengangguran untuk insinyur listrik di bawah rata-rata, pendapatan yang relatif tinggi, dan memprediksi pertumbuhan pekerjaan yang kuat hingga 2016-17. Di AS dan Inggris tren serupa telah dilaporkan, karena kebutuhan industri yang luas untuk lulusan teknik.

Jika Anda menyelesaikan gelar teknik elektro di tingkat sarjana / Bachelor Enginee (BEng) dan ingin melanjutkan dan menjadi insinyur yang disewa / Chartered Engineer (CEng), Anda perlu melakukan studi lebih lanjut setelah Anda mendapatkan pengalaman di bidang sebagai sarjana. Menyelesaikan penempatan pengalaman kerja selama gelar Anda juga merupakan ide yang baik, sebagai cara untuk mendapatkan pemahaman praktis dan langsung tentang sistem dan industri tertentu.

Insinyur listrik merancang, mengembangkan, dan memelihara sistem dan / atau komponen kontrol listrik melalui campuran pengetahuan teknis dan kesadaran komersial, dan dapat menghasilkan antara US $ 61.000-85.000. Selain memiliki pengetahuan teknis, insinyur listrik perlu memiliki kesadaran komersial dan dapat mengelola proyek dan melakukan banyak tugas.

Sebagai insinyur listrik, Anda dapat bekerja sebagai bagian dari tim pada proyek multidisiplin, bersama dengan spesialis seperti arsitek, teknisi, dan insinyur lainnya (sipil, desain, dll.). Tergantung pada peran khusus Anda dan skala proyek, sebagai insinyur listrik Anda mungkin terlibat dalam satu atau semua tahap desain dan pengembangan. Ini dapat melibatkan pembuatan model dan prototipe, membaca dan / atau menulis spesifikasi desain, meneliti, membuat anggaran dan menghitung biaya, berhubungan dengan klien dan kontraktor, melakukan tes, menafsirkan data dan peralatan servis.

Beberapa sektor pekerjaan utama bagi mereka yang mengejar karir teknik elektro meliputi: 
Power generation and supply 
Construction Transport infrastructure maintenance and development 
Manufacturing 
Communications and media 
Computer hardware and software design 
Healthcare Science and technology research

Dalam masing-masing industri ini, posisi tersedia dalam penelitian dan pengembangan, desain, pengujian dan pemeliharaan. Kemajuan karir bisa berarti mengambil peran pengawasan dan manajemen.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama