Jurusan Engineering Apa Yang Cocok Buat Kamu?


Engineering / Teknik adalah subjek yang luas, dan dengan begitu banyak jenis jurusan engineering yang bisa dipilih, sulit untuk mempersempit mana yang cocok untuk Anda. Untuk membantu Anda memutuskan, Anda harus mencoba dan mengidentifikasi apa yang Anda sukai. Apa yang membuat Anda bersemangat, dan untuk apa Anda menghabiskan waktu luang? 

Semua jenis Engineering mencakup beberapa bentuk pemecahan masalah (dan umumnya fokus pada membuat hidup lebih mudah), tetapi jurusan apa yang paling cocok untuk Anda? Jika Anda memilih subjek yang secara alami Anda minati, Anda akan merasa lebih mudah untuk tetap termotivasi selama perkuliahan dan tetap terlibat dengan subjek sambil mengejar karir di bidang Engineering. Berikut adalah ikhtisar dari berbagai cabang Engineering, untuk membantu Anda memutuskan mana yang cocok untuk Anda.


Aerospace / Aeronautical Engineering 

Cabang teknik ini berkaitan dengan penelitian, desain, pengembangan, konstruksi, pengujian, ilmu pengetahuan dan teknologi pesawat. Anda juga bisa belajar teknik astronotika, dengan fokus pada pesawat ruang angkasa dan kondisi ruang yang dalam.

Jenis Engineering ini cocok untuk Anda jika:
  • Anda terpesona oleh sejarah dan metodologi di balik mesin terbang, mulai dari sketsa konseptual paling awal hingga kemajuan jet modern. 
  • Anda memiliki minat dalam mekanika perjalanan penerbangan. 
  • Anda tertarik dengan simulasi komputer dan melihat kinerja mesin pesawat terbang dalam kondisi ekstrem.
Spesialisasi Aerospace / teknik penerbangan :
Jika Anda mempelajari teknik penerbangan, Anda dapat mengkhususkan diri dalam aerodinamika, aeroelastisitas, analisis komposit, avionik, propulsi dan struktur dan bahan. Cari tahu lebih lanjut di sini.

Chemical Engineering

Jenis teknik ini menyangkut penggunaan proses kimia dan biologis untuk menghasilkan bahan atau zat yang bermanfaat. Ini adalah subjek multidisiplin, menggabungkan ilmu-ilmu alam dan eksperimental (seperti kimia dan fisika), bersama dengan ilmu kehidupan (seperti biologi, mikrobiologi dan biokimia), ditambah matematika dan ekonomi.

Jenis Engineering ini cocok untuk Anda jika:
  • Anda memiliki pola pikir analitis. 
  • Anda juga mempertimbangkan untuk mempelajari kimia atau ilmu alam / kehidupan lainnya.
  • Anda tertarik dengan proses kimia di balik pembuatan barang sehari-hari.
Spesialisasi Chemical Engineering / teknik kimia :
Jika Anda memilih untuk belajar teknik kimia, Anda mungkin ingin mengkhususkan diri dalam rekayasa reaksi kimia, desain pabrik, teknik proses, desain proses atau fenomena transportasi. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang ini di sini.

Civil Engineering

Teknik sipil adalah praktik profesional dalam merancang dan mengembangkan proyek infrastruktur. Ini bisa dalam skala besar, seperti pengembangan sistem transportasi nasional atau jaringan pasokan air, atau dalam skala yang lebih kecil, seperti pengembangan jalan atau bangunan tunggal.

Jenis Engineering ini cocok untuk Anda jika:
  • Anda tertarik untuk merancang dan membangun sesuatu. 
  • Anda tertarik pada mekanika, hidrolika, geoteknik (menggunakan pengetahuan tentang kerak bumi untuk menyelesaikan masalah konstruksi), ilmu material dan analisis statistik. 
  • Anda ingin mengembangkan keterampilan desain Anda, khususnya dalam desain yang dibantu komputer.
Spesialisasi Civil Engineering :
Spesialisasi umum teknik sipil meliputi teknik struktural, teknik arsitektur, teknik transportasi, teknik geoteknik, teknik lingkungan dan teknik hidrolik. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang ini di sini.


Teknik komputer menyangkut desain dan pembuatan prototipe perangkat keras dan lunak komputasi. Mata pelajaran ini menggabungkan teknik elektro dengan ilmu komputer, dan Anda dapat memilih untuk belajar teknik komputer bersama salah satu mata pelajaran serupa ini.

Jenis Engineering ini cocok untuk Anda jika:
  • Anda tertarik pada karier rekayasa yang terkait dengan komputer - misalnya sebagai pengembang perangkat lunak atau insinyur komputer. 
  • Anda tertarik pada matematika, sains, dan komputer, dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara komputer beroperasi pada tingkat fisik. 
  • Anda ingin menghasilkan produk dan sistem baru berdasarkan kemajuan teknologi para ilmuwan komputer.
Spesialisasi Computer Engineering 
Anda mungkin menemukan bahwa spesialisasi teknik komputer tumpang tindih dengan yang ditawarkan dalam derajat ilmu komputer, misalnya dengan mata pelajaran seperti grafik komputer dan keamanan jaringan. Namun, mata pelajaran khusus umumnya unik untuk teknik komputer termasuk sistem mikroprosesor / mikrokontroler, arsitektur komputer dan desain VHDL (bahasa deskripsi perangkat keras). Anda dapat membaca lebih lanjut tentang ini di sini.


Teknik listrik dan elektronik keduanya berfokus pada aplikasi daya listrik. Kedua bidang ini berbeda dalam hal insinyur listrik terutama berfokus pada produksi skala besar dan pasokan daya listrik, sementara insinyur elektronik fokus pada sirkuit elektronik yang jauh lebih kecil, seperti yang digunakan dalam komputer.

Jenis Engineering ini cocok untuk Anda jika:
  • Anda tertarik dengan cara kerja perangkat dan sistem listrik. 
  • Anda ingin membantu memberi daya pada fase selanjutnya dari perkembangan teknologi. 
  • Anda tentu ingin memahami bagaimana setiap sistem kelistrikan diatur dan memiliki ide untuk meningkatkannya.
Spesialisasi Electrical / Electronic Engineering
Anda dapat mengkhususkan diri dalam bidang-bidang teknik elektro dan elektronik berikut ini: pembangkit dan pasokan listrik, komunikasi dan media, sistem komputer dan sistem robot. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang ini di sini.


Salah satu jenis teknik tertua dan terluas, teknik mesin berkaitan dengan desain, pembuatan dan pemeliharaan sistem mekanik. Anda akan mempelajari statika dan dinamika, termodinamika, dinamika fluida, analisis tegangan, desain mekanik, dan gambar teknik.

Jenis Engineering ini cocok untuk Anda jika:
  • Anda suka mengutak-atik perangkat mekanis (Anda juga bisa mempertimbangkan teknik penerbangan). 
  • Anda tertarik untuk membuat desain baru dan inovatif di bidang-bidang seperti energi berkelanjutan dan kecerdasan buatan. 
  • Anda tertarik untuk bekerja sebagai bagian dari tim lintas disiplin untuk mengembangkan dan meningkatkan teknologi mekanik.
Spesialisasi Mechanical Engineering
Ini adalah subjek yang sangat luas, yang tumpang tindih dengan banyak jenis teknik lainnya. Namun, spesialisasi teknik mesin yang paling umum termasuk manufaktur, sistem transportasi, pembakaran, nanoteknologi dan robotika. Rekayasa mekatronik juga mungkin menarik; ini menggabungkan teknik mesin dan elektronik dengan bidang-bidang seperti komputer dan teknik kontrol. Baca lebih lanjut di sini.

Engineering Management 
Bidang interdisipliner lain, teknik manajemen telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir, dengan universitas menanggapi permintaan industri untuk insinyur yang berfokus pada manajemen dengan mengembangkan program manajemen teknik khusus. Jurusan ini menggabungkan keterampilan teknik industri dan keahlian bisnis, sering dikembangkan bersama oleh fakultas teknik dan bisnis. Anda juga dapat mempelajari salah satu cabang teknik yang di bahas di atas dengan manajemen.

Jenis Engineering ini cocok untuk Anda jika :
  • Anda tertarik untuk memahami bagaimana rekayasa diterapkan dalam berbagai jenis bisnis, dan tantangan yang terlibat dalam istilah teknis dan organisasi. 
  • Anda ingin cepat mengambil peran manajerial, sambil juga menerapkan pengetahuan teknis Anda. 
  • Anda ingin mengawasi pengembangan, pembuatan, pemasaran, dan distribusi produk.
Spesialisasi Engineering Management
Ini adalah area lain yang luas, tetapi jenis-jenis manajemen teknik yang mungkin ingin Anda spesialisasi meliputi: matematika teknik, ilmu manajemen, manajemen operasi, rekayasa keputusan, statistik bisnis, dan statistik teknik. Anda dapat membaca lebih lanjut di sini.

Jurusan Engineering lainnya yang bisa kalian pelajari antara lain :

Agricultural Engineering 
Automotive Engineering
Biological Engineering (Biochemical, Biomedical, Biomolecular)
Clean Technology
Computer Science and Engineering
Communication Engineering
Information Technology
Microelectronic Engineering
Nanotechnology
Software Engineering
Power Engineering
Environmental Engineering
Fire Protection Engineering
Geological Engineering
Geomatics Engineering
Geotechnical Engineering
Information Engineering
Industrial Engineering
Instrumentation Engineering
Integrated Engineering
Manufacturing Engineering
Materials Engineering
Marine Engineering
Mining Engineering
Nuclear Engineering
Petroleum Engineering
Plastics Engineering
Production Engineering
System Engineering

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Jakarta Surabaya Bali Balikpapan Samarinda Pekanbaru Makassar Palu Manado Sorong