Jurusan Engineering Management [Overview]


Melalui kombinasi ketajaman bisnis dan manajemen dengan keahlian teknis, gelar teknik manajemen  dirancang untuk memainkan peran kunci dalam mempersiapkan generasi manajer berikutnya di sektor teknik.

Engineering adalah disiplin luas yang menerapkan faktor ilmiah, ekonomi, sosial dan praktis untuk desain, bangunan, pemeliharaan dan peningkatan struktur, mesin, perangkat, sistem dan bahan. Ini biasanya dibagi menjadi teknik sipil dan struktural, teknik kimia, teknik listrik dan teknik mesin, dengan banyak sub-spesialisasi lebih lanjut di setiap bidang. Manajemen menerapkan faktor sosial, ekonomi, teoretis dan praktis untuk koordinasi, perencanaan, pengorganisasian, kepegawaian dan memimpin semua aspek organisasi, melalui arahan strategis sumber daya manusia, keuangan, teknologi, dan sumber daya alam.

Apa itu Engineering Management?

Manajemen teknik adalah bidang khusus manajemen yang berkaitan dengan sektor teknik. Mencerminkan permintaan industri untuk insinyur yang berfokus pada manajemen (atau dari perspektif yang berlawanan, manajer dengan pemahaman tentang teknik), semakin banyak gelar manajemen teknik khusus yang tersedia untuk membantu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk peran ini. Selama kursus manajemen teknik, siswa akan mengembangkan keterampilan teknik industri, pengetahuan dan keahlian, di samping pengetahuan tentang teknik bisnis dan manajemen, strategi dan masalah.

Jenis gelar Engineering Management

Gelar yang diberikan untuk gelar manajemen teknik dapat bervariasi tergantung pada institusi, dan dapat mencakup: Sarjana Sains dalam Manajemen Rekayasa / Bachelor of Science in Engineering Management (BSEM), Sarjana Sains / Bachelor of Science (BSc) dalam Manajemen Teknik, Sarjana Sains dalam Rekayasa / Bachelor of Science in Engineering (BSE) dalam Manajemen Rekayasa, dan Sarjana Teknik Manajemen Teknik / Bachelor of Engineering in Engineering Management (BEEM). Perlu diingat bahwa struktur dan konten spesifik dari kursus manajemen teknik juga akan bervariasi, jadi pastikan untuk memeriksa kurikulum sebelum mendaftar. Beberapa variasi (tidak lengkap) pada judul gelar manajemen teknik yang mungkin Anda temui meliputi:

  • Engineering Management
Biasanya program multidisiplin yang membangun pengetahuan teoritis dan praktis dari semua bidang teknik dan matematika teknik, bersama dengan proyek lanjutan dan pengetahuan dan keterampilan manajemen personel.
  • [Branch of Engineering] with Management
Program ini biasanya memiliki nama antara [Nama Cabang Teknik] dan Manajemen atau hanya Manajemen [Nama Cabang Teknik]. Contohnya termasuk 'Teknik Kimia dengan Manajemen / Chemical Engineering with Management', 'Teknik Mesin dan Manajemen Bisnis / Mechanical Engineering and Business Management' atau 'Manajemen Teknik Konstruksi / Construction Engineering Management'. Program-program ini mencakup fokus teknik khusus, dengan modul pelengkap dalam studi bisnis dan manajemen.
  • Jurusan Administrasi Bisnis dengan opsi Management Engineering
Program ini tersedia terutama di AS, ini adalah jalur teknik ke gelar administrasi bisnis, menggambar dari kedua bidang akademik dan memungkinkan siswa untuk mengembangkan pandangan luas tentang prinsip-prinsip bisnis dan topik teknik. Ini bisa menjadi program gelar Sarjana Seni / Bachelor of Arts (BA), dan mungkin memiliki inti seni liberal. Beberapa institusi mungkin juga menawarkan program gelar ganda, di mana Anda akan lulus dengan dua gelar sarjana (satu di bidang teknik, satu di manajemen). Anda akan membagi waktu Anda sama antara dua derajat, atau dapat memilih apakah akan lebih berkonsentrasi pada bisnis / manajemen atau lebih pada rekayasa.
Professional accreditation

Jika gelar Anda diakreditasi oleh lembaga seperti UK's Engineering Council, Anda mungkin dapat memenuhi sepenuhnya basis pendidikan untuk gelar Incorporated Engineer (IEng) atau sebagian memenuhi basis pendidikan untuk gelar Chartered Engineer (CEng). Untuk menyelesaikan basis pendidikan untuk CEng, Anda harus mengambil bagian dalam program terakreditasi di tingkat pascasarjana, membangun pengembangan profesional Anda dan menjalani tinjauan profesional.

Badan akreditasi untuk program pendidikan pasca sekolah menengah di bidang teknik di AS adalah Badan Akreditasi untuk Rekayasa dan Teknologi / Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET). Setelah menyelesaikan program akreditasi ABET empat tahun, Anda akan memenuhi syarat untuk masuk ke ujian pada tingkat pertama pendaftaran profesional. Perhatikan bahwa beberapa pengusaha mungkin lebih suka gelar terakreditasi, dan mereka juga lebih cenderung diakui di tingkat internasional.

Syarat masuk jurusan Engineering management

Anda akan menemukan bahwa sebagian besar program manajemen teknik ditawarkan di tingkat pascasarjana dan karenanya memerlukan gelar sarjana dalam bidang teknik, ilmu komputer, matematika, sains atau bisnis. Namun, beberapa lembaga menawarkan manajemen teknik di tingkat sarjana - memang, American Society for Engineering Management (ASEM) telah mengakreditasi dan / atau mengakui 27 program manajemen teknik sarjana dalam lembaga-lembaga AS.

Di luar AS, program-program sarjana manajemen teknik terkemuka termasuk di negara-negara seperti Turki (Teknik Manajemen Universitas Istanbul Teknis), Kanada (Teknik Manajemen Koperasi Universitas Waterloo, program pertama dari jenisnya di Kanada) dan Peru (Universitas) Pasifik menawarkan program Rekayasa Bisnis pertama di Peru). 

Secara umum, persyaratan masuk sarjana untuk gelar manajemen teknik termasuk matematika, atau matematika lebih lanjut, dengan beberapa lembaga yang meminta kualifikasi dalam fisika atau mata pelajaran sains lainnya. Latar belakang atau minat dalam bisnis dan / atau ekonomi dapat membantu, sementara landasan dalam ilmu sosial (seperti psikologi dan sosiologi) dapat membantu pemahaman Anda tentang manajemen dalam organisasi.

Apa yang dipelajari jurusan Engineering management?

Manajemen teknik biasanya diajarkan melalui kombinasi kuliah (beberapa disampaikan oleh praktisi industri terkemuka), studi kasus, lokakarya langsung, kelas praktis berbasis laboratorium, kegiatan desain teknik (EDA), tutorial, pekerjaan proyek kelompok dan individu dan sesi konsultasi . Secara umum, kombinasi penilaian berkelanjutan melalui latihan praktis kecil untuk setiap modul digunakan bersama dengan pekerjaan proyek individu dan kelompok, penulisan esai, presentasi, tugas kuliah dan ujian, dengan proyek individu atau disertasi yang mengambil sebagian besar tahun terakhir Anda.

Anda akan menggunakan serangkaian perangkat lunak industri, untuk aplikasi seperti pemodelan 3D, manajemen proyek, penilaian kualitas, manajemen inventaris, dan simulasi proses. Studi yang berfokus pada dasar-dasar cabang teknik yang Anda pilih cenderung mendominasi tahun pertama Anda, dengan topik bisnis dan manajemen (termasuk studi hukum, manajemen kontrak, evaluasi proyek, dan manajemen perusahaan) diperkenalkan ketika gelar Anda meningkat.

Anda juga dapat berpartisipasi dalam proyek-proyek rekayasa atau penelitian bisnis yang tersedia di institusi Anda. Proyek-proyek ini biasanya didanai oleh badan-badan industri, badan amal, departemen pemerintah, dan dewan penelitian, dan merupakan cara yang baik untuk menggunakan pengetahuan gelar Anda untuk penggunaan praktis dan melihat langsung bagaimana studi Anda dapat langsung diterapkan di tempat kerja. Tergantung pada institusi Anda, Anda mungkin dapat melakukan penelitian di luar negeri, atau mengambil bagian dalam penempatan industri bergaji selama satu tahun (program semacam itu kadang-kadang disebut program 'sandwich'), di sektor-sektor termasuk otomotif, dirgantara, elektronik, barang-barang konsumen, komputer perangkat lunak, pemrosesan dan pembuatan makanan, baik secara lokal maupun luar negeri.

Karir Engineering Management

Seperti yang mungkin telah Anda kumpulkan, ada banyak topik dan spesialisasi dalam manajemen teknik. Meskipun ini berarti banyak pilihan sebagai mahasiswa, ini juga menerjemahkan sangat menjanjikan bagi lulusan pencari kerja. Berbekal pengetahuan tentang proses rekayasa yang rumit, seni manajemen, dan kemampuan untuk bekerja dalam tim interdisipliner, Anda kemungkinan akan menemukan diri Anda sangat diminati di sebagian besar aliran teknik profesional, serta dalam sektor bisnis dan komersial.

Karena berbagai pengetahuan, keterampilan dan teknik yang akan Anda kumpulkan selama gelar Anda, Anda dapat berharap untuk menemukan posisi yang relevan di berbagai sektor seperti akuntansi, otomotif, ruang angkasa, perbankan, bisnis, bahan kimia, komunikasi, konstruksi, barang-barang konsumen dan industri, elektronik, energi, hiburan, lingkungan, keuangan, makanan dan minuman, kesehatan, asuransi, TI, hiburan, manufaktur, pemasaran, pertambangan, minyak dan gas, farmasi, analisis proses, pengembangan produk, manajemen proyek, penelitian dan pengembangan, ritel, transportasi, perjalanan dan pembuangan limbah. Seperti halnya dalam organisasi yang berfokus pada rekayasa, Anda juga dapat bekerja untuk pemerintah, rumah sakit, perusahaan asuransi, militer, organisasi nirlaba, dan universitas.

Karir Engineering Management yang umum antara lain :

Engineering manager
Engineering management consultancy
Research and development

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama