Jurusan Mechanical Engineering [Overview]


Pernahkah Anda bermimpi membuat robot atau merancang pesawat terbang? Memiliki hasrat untuk mobil balap dan ingin menjadi bagian dari tim pengembangan Formula 1? Mungkin Anda terpesona oleh nanoteknologi, perkembangan dalam penggunaan energi yang lebih bersih dan lebih efisien, atau bahkan studi tentang polusi suara dan pemeriksaan suara. Ingin memberi kontribusi pada pengembangan energi berkelanjutan atau menjadi bagian dari penciptaan bentuk kecerdasan buatan yang lebih maju? Jika salah satu di atas menarik perhatian Anda, maka mungkin Anda harus mempertimbangkan karir di bidang teknik mesin - dimulai dengan gelar teknik mesin.

Apa saja yang dipelajari jurusan Mechanical Engineering?

Seperti yang ditunjukkan oleh daftar di atas, gelar teknik mesin menawarkan berbagai spesialisasi untuk dipilih, dengan beragam peluang untuk berkontribusi pada tahap selanjutnya dalam pengembangan teknologi modern. Di tingkat sarjana, siswa akan mulai dengan pengantar topik-topik teknik mesin utama, seperti statika dan dinamika, termodinamika, dinamika fluida, analisis tegangan, desain mekanik, dan gambar teknik. Ketika kursus berlangsung, harus ada lebih banyak peluang untuk berspesialisasi dalam bidang tertentu di mana keterampilan teknik mesin diterapkan, seperti desain kendaraan, robot, nanoteknologi atau energi.

Ada banyak tumpang tindih antara topik teknik mesin dan bidang teknik lainnya, khususnya teknik sipil dan struktural, teknik listrik dan teknik aeronautika. Pelamar untuk semua gelar teknik diharapkan memiliki latar belakang yang kuat dalam matematika dan fisika, yang memberikan dasar dasar untuk sebagian besar keterampilan teknik mesin.

Syarat masuk jurusan Mechanical Engineering

Persyaratan masuk akan bervariasi di antara berbagai lembaga. Namun, semua universitas akan mengharapkan mereka yang melamar gelar teknik mesin memiliki latar belakang akademis yang kuat dalam matematika dan fisika, dengan ilmu lain seperti kimia juga bermanfaat. Jika Anda tidak memiliki nilai yang diperlukan, beberapa universitas menawarkan opsi untuk mengambil tahun dasar, yang bertujuan untuk memberi Anda pengetahuan yang Anda butuhkan untuk memulai gelar sarjana.

Gelar teknik mesin biasanya berlangsung selama tiga atau empat tahun di tingkat sarjana dan satu atau dua di tingkat master. Lulusan menerima kualifikasi Beng atau MEng setelah menyelesaikan studi mereka. Pengajaran biasanya akan terdiri dari kuliah dan seminar, dengan kursus pengantar wajib tercakup selama bagian pertama dari gelar, diikuti oleh peluang untuk memilih spesialisasi dan melakukan pekerjaan proyek mandiri atau kelompok. Penilaian kemungkinan melalui kombinasi ujian tertulis, presentasi dan proyek penelitian.

Topik yang dipelajari jurusan Mechanical Engineering

Gelar teknik mesin biasanya akan dimulai dengan memberikan siswa pengantar topik-topik teknik mesin utama seperti statika dan dinamika, termodinamika, dinamika fluida, analisis tegangan, desain mekanik dan gambar teknik. Setelah membahas dasar-dasarnya, Anda dapat memilih salah satu area berikut untuk menjadi spesialis.
  • Transportation systems
Insinyur mekanik sangat terlibat dalam desain, peningkatan dan sistem transportasi - termasuk sistem yang beroperasi di jalan, kereta api, air dan di udara. Siswa dapat memilih untuk berspesialisasi dalam moda transportasi tertentu, dan juga harus belajar tentang tantangan saat ini dan bidang untuk peningkatan, teknologi yang muncul, masalah lingkungan terkait, dan strategi perencanaan transportasi.
  • Manufacturing
Manufaktur adalah bidang utama lain untuk insinyur mesin, yang terlibat dalam desain dan operasi mesin yang digunakan dalam jalur produksi industri. Spesialisasi ini akan melibatkan pembelajaran tentang proses produksi yang berbeda, integrasi mesin dengan sistem komputer, dan menerapkan metodologi desain untuk mengembangkan solusi baru.
  • Combustion
Sektor signifikan ketiga di mana insinyur mesin terlibat adalah pembakaran - proses membakar sesuatu. Siswa akan belajar tentang penggunaan pembakaran di berbagai sektor, termasuk pembangkit energi, pemanasan dan penerangan, pembuangan limbah, mesin dan manufaktur. Mahasiswa teknik mesin akan fokus pada desain dan operasi sistem mekanik yang digunakan untuk memfasilitasi dan mentransfer energi yang dihasilkan oleh berbagai jenis reaksi pembakaran.
  • Nanotechnology
Nanoteknologi berkaitan dengan pengembangan perangkat dan struktur baru yang jauh di bawah skala ukuran 1 mikron. Penelitian dan pengembangan dalam bidang ini melihat investasi besar di banyak sektor, dengan bidang utama termasuk perangkat nanoelektromekanis (NEMS), bahan skala nano, manufaktur molekuler, komputasi kuantum, nanomedik, nanoelektronika, dan biologi molekuler.
  • Robotics
Robotika mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu termasuk elektronik, mekatronik, dan simulasi waktu nyata untuk bekerja menuju pengembangan robot yang semakin canggih - mesin yang dipandu oleh pemrograman elektronik dan komputer - dan sistem yang digunakan untuk mengontrol dan mengotomatisasi mereka. Mengkhususkan diri dalam bidang ini dapat menyebabkan karir teknik mesin di sektor-sektor termasuk realitas virtual dan kecerdasan buatan; manufaktur, perakitan dan pemrosesan; pertahanan; komunikasi dan pencitraan; dan robotika medis.
Ada banyak kemungkinan spesialisasi teknik mesin lainnya, banyak yang melibatkan cross-over dengan bidang studi terkait. Contohnya termasuk teknik biomedis, teknik komputasi, ilmu material, konversi energi dan pengelasan dan bergabung. Topik-topik teknik mesin lainnya yang umumnya termasuk dalam program universitas meliputi penilaian risiko dan kontrol kualitas, pengembangan produk dan manajemen proyek, untuk lebih mempersiapkan siswa untuk peran profesional.

Karir Jurusan Mechanical Engineering

Karier teknik mesin menjangkau berbagai sektor masyarakat, termasuk transportasi, manufaktur dan industri, perawatan kesehatan, pemrosesan makanan, komunikasi dan media, produksi energi dan pertahanan. Dalam masing-masing sektor ini, berbagai jenis peran tersedia, termasuk penelitian, pengembangan produk, kontrol kualitas dan pemeliharaan. 

Contohnya antara lain :

Mechanical engineering careers in aeronautics
Mechanical engineering careers in rail travel
Mechanical engineering careers in the automotive sector
Mechanical engineering careers in healthcare technologies
Mechanical engineering careers in defence
Mechanical engineering careers in robotics
Mechanical engineering careers in consulting

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Jakarta Surabaya Bali Balikpapan Samarinda Pekanbaru Makassar Palu Manado Sorong