Jurusan Hubungan International [Overview] & Info Beasiswa


Berbicara mengenai jurusan Hubungan Internasional mengacu pada studi hubungan antar negara, termasuk aspek ekonomi, sejarah, politik, dan organisasi. Jurusan ini menerapkan kontribusi dari semua disiplin ilmu tersebut untuk mempelajari topik-topik penting historis dan kontemporer. Siswa yang mengejar gelar Sarjana Hubungan Internasional akan mempelajari studi tradisional yang berfokus pada peran negara-bangsa. Selain itu, siswa Hubungan Internasional Sarjana akan mengeksplorasi wawasan yang lebih kontemporer ke dalam pengaruh faktor global lainnya.

Kurikulum program Sarjana Hubungan Internasional umumnya mencakup ekonomi, sejarah, politik, dan bahasa dengan kemungkinan spesialisasi di media sosial, tren politik, dan banyak lainnya. Lulusan Sarjana Hubungan Internasional dapat berkarir di berbagai bidang dan industri termasuk organisasi internasional, perusahaan multinasional, kelompok swasta, nirlaba, organisasi keagamaan dan banyak lagi.

Gelar di bidang ini tidaklah murah. Sekolah-sekolah terbaik dapat membebankan biaya hingga $ 40.000 untuk gelar sarjana di bidang tersebut. Angkat tersebut belum termasuk tambahan biaya yang terkait seperti uang yang diperlukan untuk belajar di luar negeri dan mendapatkan kefasihan nyata dalam bahasa asing. keterampilan yang dicari oleh setiap pemberi kerja, tetapi gelar hanya akan memberikan pengantar.

Berita baiknya adalah terdapat beberapa penawaran beasiswa yang sangat menguntungkan untuk studi hubungan internasional dengan biaya yang lebih terjangkau atau bahkan jika Anda beruntung Anda bisa mendapatkan program beasiswa yang akan menanggung semua biaya tersebut. Dalam bidang yang penting ini, baik lembaga swasta maupun pemerintah telah melihat kebijaksanaan berinvestasi pada siswa masa depan. Jika Anda dapat menunjukkan kepada mereka bahwa Anda layak, Anda tidak akan kesulitan menemukan bantuan untuk mendapatkan beasiswa-beasiswa tersebut.

Cara Memenuhi Syarat untuk Beasiswa Jurusan Hubungan Internasional

Meskipun banyak beasiswa hubungan internasional untuk program sarjana dan master yang bisa Anda dapatkan, pihak sponsor tidak serta merta membagikannya kepada siapapun yang mendaftar. Sebagai kandidat beasiswa, Anda perlu memikirkan diri sendiri dan keterampilan yang akan Anda bawa ke lapangan sebagai investasi, dan Anda perlu membuktikan bahwa Anda akan layak berinvestasi.

Kredensial Akademik 

Anda terutama akan dinilai berdasarkan nilai dan prestasi akademik Anda. Hampir semua beasiswa memiliki persyaratan skor IPK dan SAT yang tinggi untuk diterapkan. Dalam banyak kasus, Anda harus membawa lebih dari itu. Banyak komite penghargaan meminta bukti seperti:
  • Hasil karya atau kegiatan ekstrakurikuler tambahan
  • Proyek-project yang Anda kerjakan selama belajar
  • Pengalaman Magang
  • Pengalaman sukarelawan (Volunteer)
Anda mungkin juga perlu menunjukkan semacam komitmen pada bidang itu sendiri. Untuk Beasiswa Cakrawala Perempuan dalam Pertahanan (Women in Defense Horizon’s Scholarship), misalnya, Anda diminta untuk menunjukkan minat dalam mengejar karier yang terkait dengan keamanan atau pertahanan nasional.

Kriteria Umum Lainnya 

Untuk beberapa program, terutama yang ditawarkan oleh pemerintah, Anda harus lulus tes narkoba dan pemeriksaan latar belakang intensif. Ini lebih umum di mana program ini nantinya akan termasuk kegiatan magang di tempat yang memiliki informasi sensitif seperti lembaga pemerintahan. Anda sering harus memberikan pernyataan tentang maksud atau tujuan atau esai tentang topik yang disetujui oleh komite sponsor beasiswa.

Rekomendasi mungkin diperlukan dan hampir selalu bermanfaat. Beberapa beasiswa hubungan luar negeri cukup spesifik dalam apa yang ingin mereka bahas. Untuk program Beasiswa Marshall, misalnya, Anda harus merencanakan untuk belajar di Inggris secara khusus untuk memenuhi syarat mendapatkan beasiswa tersebut.

Cara Terbaik untuk Menemukan Beasiswa Jurusan Hubungan Internasional 

Anda memiliki banyak pilihan untuk beasiswa di tingkat sarjana dan magister, tetapi langkah pertama Anda harus memeriksa dan memastikan bahwa Anda hanya melamar yang bisa digunakan untuk gelar yang sedang Anda kejar. Salah satu hal hebat tentang banyak beasiswa studi internasional adalah bahwa mereka melibatkan lebih dari sekadar uang. Mereka sering meningkatkan karier dan kesempatan belajar Anda melalui beasiswa atau peluang pendidikan di luar negeri yang tidak terjangkau.

Organisasi Nirlaba 

Berbagai organisasi nirlaba dengan berbagai misi yang terkait dengan studi internasional memberikan banyak peluang beasiswa. Ini sering kali merupakan penghargaan terkecil, tetapi di antara peluang beasiswa yang lainnya, program dari organisasi nirlaba yang paling mudah didapat.

IES adalah salah satu contoh terbaik. Didirikan pada tahun 1950, IES Abroad hari ini mendistribusikan lebih dari 6 juta dolar dalam bentuk beasiswa dan dana bantuan keuangan kepada perorangan di berbagai bidang yang tertarik untuk belajar di luar negeri. Beasiswa mereka tidak terbatas pada siswa hubungan internasional, tetapi mereka memiliki sejumlah pilihan yang sangat cocok untuk siswa studi internasional untuk program sarjana.

Informasi lebih lanjut mengenai organisasi nirlaba lainnya bisa Anda temukan di website resmi masing-masing provider.

Program Pemerintah 

Sebagai salah satu perusahaan lulusan studi internasional terbesar, Pemerintah AS tidak lamban menawarkan beasiswa di semua tingkatan. Ini sering dikombinasikan dengan magang yang menawarkan pengalaman kerja praktis yang berharga bersama dengan pendidikan formal. Contoh yang sangat baik adalah Program Beasiswa Sarjana CIA (program tingkat pascasarjana juga ada). Pelamar yang diterima yang menunjukkan kebutuhan keuangan dan memenuhi persyaratan akademik minimum dapat menerima bantuan biaya kuliah hingga $ 18.000 per tahun kalender, serta dua magang musim panas di agensi.

Program Beasiswa Fulbright yang terkenal adalah unggulan dari pendanaan pemerintah untuk peluang pendidikan di luar negeri. Lebih dari 3.600 kandidat dinominasikan setiap tahun untuk 1.900 dana hibah yang tersedia untuk penelitian atau studi di 140 negara asing. Lebih dari 360.000 lulusan, banyak dari mereka melanjutkan karier dalam hubungan internasional, telah berpartisipasi dalam program ini sejak awal pada tahun 1946.

Tak ketinggalan dengan negara-negara lain, pemerintah Indonesia terbukti nyata telah memberangkatkan ribuan mahasiswa Indonesia untuk belajar ke luar negeri melalui program beasiswa LPDP yang diadakan setiap tahunnya. Beasiswa yang mengcover biaya kuliah dan biaya hidup ini masih sangat diminati mahasiswa Indonesia, selain memiliki partner universitas yang luas, pilihan jurusan juga sangat bervariasi, termasuk di dalamnya jurusan Hubungan Internasional.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama