Jurusan Data Science, Big Data dan Data Analytics [Overview]


Possible program : 
1. Master in Big Data Management 
2. Master of Science (MSc) in Big Data and Business Analytics 
3. Master of Science (MSc) in Data Analytics 
4. Master of Data Science

Big Data adalah subjek yang berkaitan dengan pengumpulan sejumlah besar data dan menganalisis perilaku pengguna. Informasi ini kemudian digunakan untuk menarik kesimpulan, membuat rencana, menerapkan kebijakan, dan membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan hasil analisis data. Big Data Science menggabungkan pengetahuan dari statistik, matematika, dan pemrograman perangkat lunak. Program Big Data belajar untuk mengubah model, metode, alat, teknik, dan data menjadi informasi yang dapat dipahami oleh non-spesialis, yang sangat penting dalam proses pengambilan keputusan pemerintah, perusahaan, dan organisasi lainnya.

Apa itu Data Science?

Ilmu ini berurusan dengan data baik yang tidak terstruktur dan terstruktur, Data Science adalah bidang yang terdiri dari segala sesuatu yang berkaitan dengan pembersihan, persiapan, dan analisis data yang merupakan kombinasi dari statistik, matematika, pemrograman, pemecahan masalah, menangkap data dengan cara yang cerdas, kemampuan untuk melihat berbagai hal secara berbeda, dan aktivitas membersihkan, menyiapkan, dan menyelaraskan data.

Dalam istilah sederhana, itu adalah payung teknik yang digunakan ketika mencoba untuk mengekstrak wawasan dan informasi dari data.

Apa itu Big Data?

Big Data adalah sebuah frasa yang digunakan untuk volume data dalam jumlah besar baik data terstruktur dan tidak terstruktur yang sulit untuk diproses menggunakan database tradisional dan teknik perangkat lunak biasa.

Dalam sebagian besar skenario perusahaan, mereka memiliki volume data terlalu besar atau data yang dimiliki bergerak terlalu cepat atau melebihi kapasitas pemrosesan saat ini. Big Data memiliki potensi untuk membantu perusahaan tersebut untuk meningkatkan operasi dan membuat keputusan yang lebih cepat dan lebih cerdas.


Data dikumpulkan dari sejumlah sumber termasuk email, perangkat seluler, aplikasi, basis data, server, dan sarana lainnya. Data ini, ketika ditangkap, diformat, dimanipulasi, disimpan, dan kemudian dianalisis, dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan wawasan yang bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan, mendapatkan atau mempertahankan pelanggan dan meningkatkan operasi.

Apa itu Data Analytics?

Analisis Data, ilmu yang memeriksa data mentah untuk menyimpulkan informasi itu. Analisis Data melibatkan penerapan proses algoritmik atau mekanis untuk memperoleh wawasan dan, misalnya, menjalankan beberapa set data untuk mencari korelasi yang bermakna antara satu sama lain.

Ini digunakan di beberapa industri untuk memungkinkan organisasi dan perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih baik serta memverifikasi dan menyangkal teori atau model yang ada. Fokus Data Analytics terletak pada inferensi, yaitu proses memperoleh kesimpulan yang semata-mata didasarkan pada apa yang sudah diketahui peneliti.

Sektor Jurusan Data Science, Big Data dan Data Analytics

Sektor Big Data Management berada di bawah sektor yang sama dengan analisis data / Data Analysis, karena mereka menggunakan keterampilan yang sama dan sangat saling melengkapi satu sama lain. Saat ini big data digunakan di seluruh bagian dari perbankan dan sekuritas, komunikasi, media, hiburan, kesehatan, pendidikan, manufaktur, sumber daya alam, pemerintah, asuransi, ritel, perdagangan grosir, transportasi, dan energi. Ini menunjukkan seberapa banyak teknologi mulai berdampak pada semua sektor dunia bisnis.

Terlepas dari analisis data yang khusus untuk mengembangkan algoritma dan program khusus untuk memfasilitasi transfer data besar di berbagai jaringan, manajemen data menggunakan informasi data besar dengan cara lain. Informasi yang dikumpulkan dari algoritma big data ini memungkinkan manajer data untuk membantu dalam studi internasional dan pertanyaan terkait pemerintah. Disiplin ini menggabungkan sisi matematis dari analisis data besar, dengan informasi yang diperlukan bagi pemerintah untuk membuat keputusan yang lebih baik yang melibatkan masalah domestik dan internasional. Manajer big data masih harus mengambil banyak kelas yang sama yang melibatkan matematika seperti statistik dan teori probabilitas, tetapi mereka juga kadang-kadang harus mengambil kelas yang melibatkan pemerintah.

Sebagai pengelola data besar, Anda bertanggung jawab untuk menghasilkan manfaat strategis dari data. Anda akan mengoordinasikan proyek yang sesuai, dan bertindak sebagai antarmuka antara manajemen senior, insinyur data, dan analis data. Sejumlah besar data yang tidak terstruktur yang dikumpulkan tidak hanya perlu disimpan tetapi juga dianalisis dan dimanfaatkan secara efisien. Anda memahami prinsip-prinsip manajemen informasi dan kecerdasan buatan. Anda memiliki rasa teknologi baru dan aplikasinya dalam lingkungan bisnis. Dan Anda dapat menyelaraskan aktivitas-aktivitas tersebut dengan strategi perusahaan dengan memahami kebutuhan manajemen Anda.

Apa Yang Dipelajari Jurusan Data Science, Big Data dan Data Analytics?


Pertama-tama cobalah untuk menguasai matematika dan statistik dasar. Pelajari mengapa dan di mana menggunakan mean, median, dan mode. Sebelum Anda mulai, Profesor Anda akan mengatakan bahwa Anda perlu menyukai data Anda seperti ketika Anda menulis puisi untuk kekasih Anda, Anda harus tahu apa lagi yang bisa saya ketahui darinya.

Anda harus teliti dengan dasar-dasar Komputasi Terdistribusi. Anda harus mengetahui masalah-masalah dalam pemrograman terdistribusi seperti skalabilitas, toleransi kesalahan, replikasi, keterbukaan, kemandirian geografis, dll. Untuk menganalisis big data Anda memerlukan pemahaman yang baik tentang statistik atau pembelajaran mesin. Anda dapat mengandalkan alat untuk menganalisis Big Data seperti Hadoop, HBase, Hive dll. Pengetahuan dasar tentang DBMS juga lebih diutamakan. Untuk menggunakan salah satu alat pengolah big data seperti hadoop, Anda harus mengetahui satu bahasa pemrograman (misalnya Java atau Python).

Karir Jurusan Data Science, Big Data dan Data Analytics

Siswa dengan gelar dalam manajemen data dapat memperoleh jenis pekerjaan yang sama dengan analis data. Pekerjaan meliputi administrator basis data / database administrator, ilmuwan data / data scientist, arsitek data / data architect, dan manajer database. Pekerjaan-pekerjaan ini lebih tentang mengelola database perusahaan, dan memediasi interaksi antara eksekutif bisnis dan analis data. Manajer data besar juga dapat memiliki lebih banyak opsi untuk bekerja di posisi pemerintah.

Selain itu, pekerjaan apa yang cocok untuk lulusan Master in Big Data Management?

Big Data Scientist
Big Data Engineer
Business Intelligence Consultant (BI Consultant)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Jakarta Surabaya Bali Balikpapan Samarinda Pekanbaru Makassar Palu Manado Sorong