Apakah Saya Harus Masuk Program Foundation?

Apakah Saya Harus Masuk Program Foundation?
Toefl vs IELTS

Sebelum memutuskan untuk mendaftar kuliah ke luar negeri, pasti Anda telah menelusuri situs web universitas dan menemukan kata “Foundation program”.

Foundation program, atau yang juga dikenal sebagai international foundation program adalah program satu tahun yang diselesaikan sebelum memulai studi universitas.

Foundation Program umumnya akan Anda temui di negara-negara seperti Inggris, Belanda, Australia dan New Zealand. Hal ini dikarenakan sekolah menengah di negara tersebut 1 tahun lebih lama dibandingkan negara lain, khususnya Indonesia. Untuk menjembatani perbedaan kurikulum tersebut, maka siswa bisa mengambil program foundation.


Ada beberapa kondisi dimana Anda harus masuk ke program foundation sebelum masuk ke tahun pertama universitas:

  1. Anda lulusan dari SMA dengan kurikulum nasional. Namun jangan khawatir, Anda tidak wajib menyelesaikan kelas 12, atau ANda bisa langsung mendaftar program foundation dari kelas 11. Bahkan Universitas di Singapore bisa menerima mahasiswa foundation dari kelas 9 loh!
  2. Anda tidak memenuhi nilai standard bahasa inggris seperti IELTS.
  3. Anda mengambil gap year selama beberapa tahun untuk bekerja setelah lulus SMA, siswa dengan umur dewasa (Di atas 25 tahun) yang ingin melanjutkan pendidikan di program Bachelor.

Program Foundation dapat membuka pintu ke universitas ternama. Dalam kebanyakan kasus, setelah Anda menyelesaikan program foundation, Anda diterima langsung di universitas tersebut atau dapat mendaftar ke universitas lain di negara tersebut.

Banyak diantara siswa dari Indonesia merasa gugup karena tidak memiliki keterampilan yang diperlukan untuk berhasil di universitas. Dengan program foundation, Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan studi dan keterampilan bahasa Anda sebelum memulai program sarjana. Mereka juga memberi Anda waktu untuk menyesuaikan diri dengan budaya dan lingkungan akademik baru dan merupakan cara yang bagus untuk bertemu dengan siswa internasional lainnya.

Selain itu, program foundation juga memberikan Anda waktu untuk lebih mantab memilih jurusan di universitas. Pada banyak kasus contohnya siswa tertarik dengan Ilmu Sosial tetapi tidak yakin jurusan mana yang harus diambil. Mempelajari program foundation Ilmu Sosial dapat menjelaskan apakah Ilmu Politik, Antropologi, Sosiologi, atau disiplin lain adalah pilihan terbaik untuk siswa tersebut.

Perlu diketahui bahwa program foundation dilaksanakan di dalam universitas yang ingin Anda tuju, jadi Anda bisa mendapatkan full akses ke dalam fasilitas universitas layaknya mahasiswa lain pada umumnya.

Umumnya program foundation membutuhkan waktu satu tahun akademik untuk diselesaikan (total 32 minggu). Program foundation biasanya dibagi menjadi tiga semester, atau fase, masing-masing dengan jumlah modulnya sendiri.

Modul dibagi menjadi mata pelajaran minor (lebih umum) dan mata pelajaran utama yang lebih khusus menuju jalur akademik jurusan yang ingin dituju siswa. Biasanya, siswa memulai gelar dasar mereka pada bulan September, lulus tepat waktu untuk memulai Sarjana atau Magister mereka pada bulan Oktober, tahun berikutnya.

Program jalur intensif selama 6 bulan tersedia bagi siswa yang ingin menyelesaikan studi mereka lebih cepat. Jalur studi foundation yang lebih cepat dimulai pada bulan Januari dan berakhir pada bulan Agustus di tahun yang sama. Namun, banyak program yayasan internasional memiliki tanggal mulai yang fleksibel.

Sistem evaluasi sangat mirip dengan program studi lainnya yang meliputi:

  1. Ujian!
  2. Presentasi
  3. Projek
  4. Tugas

Program foundation dapat berbasis di negara studi atau dapat juga diajarkan di negara asal siswa oleh lembaga yang memiliki perjanjian dengan universitas tertentu. Penilaian menggunakan sejumlah poin kredit akademik.

Biaya kuliah untuk program foundation biasanya lebih rendah daripada biaya kuliah untuk program sarjana. Biaya berkisar antara 2.500 dan 25.000 EUR per tahun tergantung pada institusi yang menyediakan program foundation, tingkat studi, kota, negara, dan banyak faktor lainnya.

Beberapa penyedia program foundation juga menyediakan partial scholarship, cek program beasiswa foundation apa yang tersedia saat ini di Portal Beasiswa Golden Gate Education.


Program Foundation bisa menjadi pilihan yang bagus, terutama jika Anda tidak memenuhi persyaratan pendaftaran untuk universitas yang Anda minati. khususnya bagi kalian yang ingin masuk ke universitas yang masuk dalam rangking dunia.


Masih bingung tentang program foundation? Tulis pertanyaan kalian di bawah sini

Lebih baru Lebih lama
Jakarta Surabaya Bali Balikpapan Samarinda Pekanbaru Makassar Palu Manado Sorong