Daftar Beasiswa? Ini 10 Dokumen Yang Perlu Kamu Siapkan!

10 Dokumen penting yang harus dilampirkan saat mendaftar program beasiswa kuliah ke luar negeri di Australia, Inggris, Amerika, Singapura, malaysia, Jerman, Korea, Cina, Kanada, canada, New Zealand, Selandia Baru

Nature

Berminat untuk mengajukan permohonan beasiswa? Seperti yang telah kita ketahui, beasiswa hanya diberikan kepada siswa dengan hasil akademis dan non akademis yang luar biasa, jika kamu merasa yakin untuk bersaing dengan mahasiswa internasional yang lain, maka kini saatnya untuk mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan. Berikut Golden Gate Education rangkumkan 10 dokumen yang perlu kamu siapkan.


1. Copies of Transcript

Salinan transkrip nilai dan Ijazah yang telah dilegalisir dan diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah adalah dokumen akademik utama yang perlu kamu persiapkan. Nilai raport dari semester 1 untuk kamu yang ingin mengambil program sarjana dan nilai dari semester 1 serta Ijazah untuk kamu yang ingin mengambil program pasca sarjana. Hal ini dibutuhkan oleh universitas tujuan kamu untuk mengetahui bagaimana nilai akademik kamu di sekolah / universitas yang sebelumnya.

Pastikan kamu memiliki nilai terbaik, kamu perlu ingat bahwa Universitas hanya akan memberikan beasiswa kepada siswa yang terbaik di antara yang terbaik. Kamu tidak hanya bersaing melawan teman 1 sekolah atau 1 negara asalmu belajar saat ini, namun kamu juga bersaing dengan mahasiswa internasional dari seluruh dunia (Tergantung jenis beasiswa apa yang kamu apply).

Nilai raport dan Ijazah kamu belum di translate dalam bahasa Inggris? hubungi Counselor Golden Gate Education untuk mendapatkan bantuan akses penerjemah tersumpah / swarm translate.


Salinan paspor yang valid adalah prasyarat berikutnya yang perlu kamu lampirkan dalam aplikasi beasiswa. Satu hal yang harus selalu diingat di sini adalah bahwa paspor kamu harus masih berlaku bahkan selama enam bulan setelah kelas selesai. Halaman pertama paspor, yang mencakup semua informasi yang diperlukan tentang kamu sangat dibutuhkan oleh universitas.

Umumnya Universitas mewajibkan seluruh calon student baik program regular maupun program beasiswa untuk melampirkan sertifikat tes bahasa inggris international seperti IELTS, TOEFL atau TOEIC untuk english track program dan juga sertifikat tes bahasa lain untuk non english speaking country. Hal ini untuk meyakinkan universitas bahwa siswa akan mampu menjalani proses belajar mengajar menggunakan bahasa lain di luar bahasa ibunya.

Nilai IELTS kamu masih kurang? Yuk join IELTS Preparation Program dari Golden Gate Education English.

Formulir aplikasi lengkap adalah dokumen pertama dan paling penting untuk memenangkan beasiswa. Oleh karena itu, untuk mencegah penolakan, disarankan untuk meninjau dan mengisi setiap kolom formulir sebelum penyerahan semua dokumen yang dibutuhkan.

Dokumen penting lainnya yang diperlukan adalah personal statement, karena dokumen itu menguraikan ambisi dan tujuan masa depan kamu. Pertahankan hingga 400 kata sepanjang waktu dan hentikan membesar-besarkannya dengan detail yang tidak akurat atau menipu. Alasan untuk melamar program beasiswa tersebut harus disebutkan.

Surat rekomendasi merupakan dokumen yang umum dilampirkan bersamaan dengan formulir pendaftaran beasiswa. Satu buah surat rekomendasi diperlukan oleh sebagian besar perguruan tinggi dan universitas. Namun, banyak institusi yang membutuhkan dua surat rekomendasi. Dalam kedua kasus tersebut, surat rekomendasi guru atau dosen diperlukan karena menjelaskan banyak hal tentang prestasi akademik. Surat rekomendasi membantu pemberi beasiswa untuk menilai lebih lanjut tentang kemampuan akademik dan tingkat motivasi untuk meraih gelar tertentu. Oleh karena itu, selama kamu bersekolah, jangan menjadi siswa yang pasif, aktiflah berkonsultasi dengan guru bimbingan konseling, wali kelas atau dosen pembimbing akademikmu.

Kamu harus melampirkan CV agar memenuhi syarat untuk beasiswa. Ini tidak berarti bahwa pengetahuan tentang pengalaman profesionalmu dibutuhkan oleh penyedia beasiswa. Sebaliknya, mereka ingin mengenali pengetahuan kamu tentang pembelajaran, hobi kamu, minat kamu, keterampilan sosial kamu, dan akhirnya kualitas kepemimpinan kamu. Di sini, kamu perlu berhati-hati sekali lagi dan selalu perhatikan kemampuan pemrograman dan tingkat kompetensimu di bidang studi. Jangan membesar-besarkan hal-hal dan membicarakan tentang pencapaianmu yang sebenarnya.

Beberapa sekolah mungkin meminta kamu untuk menyertakan sebuah resume dengan format tertentu. Bagi siswa yang tidak memiliki pengalaman kerja, berorganisasi, atau volunteer sebelumnya, ini bisa jadi sulit. Karena hal Inilah yang diakui panitia beasiswa. Mereka juga senang melihat hal-hal lain di dalam resume. Oleh sebab itu, selain aktif dibidang akademik, pemburu beasiswa disarankan juga ikut aktif dalam kegiatan non akademik seperti kegiatan organisasi di luar sekolah.

Tergantung jenis beasiswa yang ingin kamu daftar, untuk jenis need based scholarship umumnnya dibutuhkan sebuah surat penyataan yang menyatakan keadaan finansial orang tua kamu. Dokumen ini untuk meyakinkan pihak sekolah bahwa kamu akan mendapatkan beasiswa yang sesuai dengan kemampuan ekonomi dan memastikan kamu tidak kelaparan di negara orang lain selama proses belajar.

Laporan medis / formulir evaluasi kesehatan - Ditandatangani oleh klinik / rumah sakit bersertifikat di negara asal kamu tinggal. Jika dokumen ini dibutuhkan, harap perhatikan bahwa semua dokumen harus diterjemahkan baik dalam bahasa Inggris atau dalam bahasa resmi negara tujuan, tetapi pertama-tama, spesifikasi bahasa yang tepat untuk dokumen tersebut! Terjemahan dokumen harus dilakukan oleh penerjemah terakreditasi dan dokumen asli harus selalu disertai.


Itulah dokumen utama yang dibutuhkan untuk mendaftar program beasiswa. Bagaimana? apakah kamu sudah mulai mengumpulkan semua dokumen tersebut? Jika sudah, pastikan program beasiswa yang kamu ikuti, dapatkan informasi beasiswa terkini dari universitas melalui program bimbingan persiapan kuliah luar negeri bersama education counselor Golden Gate Education, ada banyak sekali partial scholarship atau merit based scholarship yang bisa kamu coba! Program konsultasi ini GRATIS loh!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama