IELTS VS TOEFL, Pilih Yang Mana?

Perbedaan IELTS dan TOEFL iBT
Toefl vs IELTS

Saat memilih tes kecakapan bahasa Inggris yang tepat untuk dilampirkan dalam aplikasi universitas di luar negeri, maka Anda akan ditemukan dengan dua pilihan tes, yaitu IELTS dan TOEFL iBT. Sering diantara kita mempertanyakan, manakah yang dipilih universitas tertentu, apakah tes tersebut diakui di negara tujuan, manakah tes yang lebih mudah untuk dicoba dll.

Perlu diketahui bahwa kedua tes ini memiliki pola, struktur penilaian, metode pengujian yang berbeda, serta berbagai kelebihan dan kekurangan. Jadi mari kita bahas semua poin ini dan mencari tahu manakah tes yang tepat untuk Anda.


IELTS
Ujian IELTS bisa dibilang salah satu tes kecakapan bahasa Inggris yang paling diterima di seluruh dunia.
Tes ini diakui dan diterima oleh lebih dari 10.000 institusi dan badan imigrasi di seluruh dunia.
Menurut IELTS.org, lebih dari 3 juta tes IELTS diambil pada tahun 2018 saja. Para ahli berpikir bahwa sifat holistik dari tes ini adalah alasan mengapa tes ini lebih diterima secara luas daripada TOEFL dan PTE.
IELTS menguji 4 skill utama dalam berbahasa inggris yaitu kemampuan membaca, menulis, mendengarkan dan ebrbicara. Kini, selain hadir dalam bentuk paper based test (kertas), IELTS juga hadir dalam bentuk Online test.
TOEFL iBT
TOEFL adalah tes kecakapan bahasa Inggris lain yang diterima secara luas.
TOEFL merupakan standar test kecakapan berbahasa inggris untuk universitas dan perguruan tinggi AS bagi mahasiswa international.
Seperti IELTS, TOEFL juga terdiri dari empat bagian utama, dan semuanya dilakukan secara online.

IELTS

Test Duration Score
Listening 30 minutes 0 - 9.0
Reading 60 minutes 0 - 9.0
Writing 60 minutes 0 - 9.0
Speaking 11-14 minutes 0 - 9.0

TOEFL

Test Duration Score
Listening 41-57 minutes 0 - 30
Reading 54–72 minutes 0 - 30
Writing 50 minutes 0 - 30
Speaking 17 minutes 0 - 30

Listening
IELTS
Sesi Listening memiliki total 40 pertanyaan yang dibagi menjadi 4 tugas berbeda yang harus diselesaikan dalam 30 menit. Kandidat mendengarkan 4 rekaman berbeda yang hanya diputar sekali. Rekaman akan hadir dalam berbagai suara dengan aksen penutur asli (native). Mereka bisa menjadi percakapan satu lawan satu atau monolog tentang topik apa pun. Pertanyaan berkisar dari pilihan ganda, pencocokan, pelabelan peta atau diagram, pengisian formulir, penyelesaian catatan, penyelesaian ringkasan, dan jawaban singkat.
TOEFL
Bagian ini berisi 3 sampai 4 topik, dan beberapa topik berisi diskusi kelas. Setiap topik berdurasi sekitar 3-5 menit, dan di setiap akhir sesi, Anda akan ditanyai 6 pertanyaan. Juga termasuk dalam bagian ini adalah percakapan sehari-hari yang normal. Anda akan dapat mendengarkan 2-3 percakapan, masing-masing berdurasi 3 menit. Anda akan ditanyai 5 pertanyaan di akhir setiap percakapan. Aksen yang digunakan dalam sesi listening adalah aksen penutur asli dari seluruh Amerika Utara.

Reading
IELTS
Sesi reading memiliki 3 bagian dengan total 40 pertanyaan dibagi menjadi beberapa tugas. Kandidat diharapkan menyelesaikan makalah dalam 60 menit. Pertanyaan dalam tugas yang berbeda berkisar dari pilihan ganda, informasi yang cocok, pelabelan diagram, dan informasi identifikasi (jenis pertanyaan: benar atau salah). Distribusi jumlah pertanyaan dalam tugas tidak tetap.
TOEFL
Sesi reading dari tes ini terdiri dari 3-4 bagian fokus ganda (bandingkan/kontras, sebab-akibat). Setiap bagian terdiri dari 10 pertanyaan. Waktu yang diberikan untuk bagian ini dapat bervariasi antara 54-72 menit, tergantung pada jumlah bagian yang diberikan dalam tes. Skor untuk bagian tes ini dapat berkisar antara 0 dan 30.

Writing
IELTS
Tes menulis terdiri dari dua bagian dengan total waktu tes 60 menit. Bagian satu terdiri dari berbagai jenis informasi visual (misalnya: grafik atau diagram pi). Para kandidat diharapkan untuk menguraikan informasi visual dalam tepat 150 kata. Bagian dua terdiri dari topik untuk ditulis di mana kandidat menguraikan argumen atau topik dalam tidak kurang atau lebih dari 250 kata.
TOEFL
Anda akan memiliki dua tugas di bagian tes ini: Bagian 1- Tugas terpadu berdasarkan apa yang dibaca dan didengar. Anda memiliki waktu 20 menit untuk menyelesaikan ini. Bagian 2- Tugas independen untuk mendukung pendapat tentang suatu topik. Anda memiliki waktu 30 menit untuk menyelesaikan ini. Total waktu yang diberikan untuk bagian ini adalah 50 menit dan Anda akan diberi skor pada rentang poin 0 hingga 5, yang kemudian akan dikonversi ke skala skor 0 hingga 30.

Speaking
IELTS
Tes berbicara adalah wawancara dengan penguji yang berlangsung selama 11-14 menit. Tes terdiri dari 3 tugas. Tugas satu biasanya pengenalan atau wawancara dimana penguji meminta kandidat untuk pengenalan pribadi. Wawancara bisa berlangsung sekitar 4-5 menit. Pada tugas kedua, kartu tugas diberikan kepada kandidat yang berisi topik untuk dibicarakan. 1 menit diberikan untuk mencatat dan 1-2 menit diberikan untuk berbicara tentang topik yang diberikan. Di akhir 2 menit, penguji dapat mengajukan beberapa pertanyaan berdasarkan topik Anda. Tugas ketiga terkait dengan tugas sebelumnya. Topik dari tugas dua dibahas secara mendalam dan abstrak. Tugas ini bisa berakhir selama 4-5 menit. Dalam beberapa kasus, tes berbicara dilakukan pada hari yang berbeda.
TOEFL
Bagian tes ini terdiri dari 4 tugas. Anda akan diberi 1 tugas independen untuk mengekspresikan pendapat Anda tentang topik yang Anda kenal. Anda memiliki waktu 30 detik untuk mempersiapkan tanggapan Anda. Selain itu, Anda akan memiliki 3 tugas berbicara terintegrasi berdasarkan membaca dan mendengarkan. Anda memiliki waktu 1 menit untuk mempersiapkan tanggapan Anda. Total waktu yang diberikan untuk bagian ini adalah 17 menit. Anda akan dinilai dari 0-4 poin, dan kemudian poin Anda akan dikonversi ke skala antara 0 hingga 30. Contoh bagian berbicara dapat ditemukan di sini. Contoh ini berdurasi 11 detik dan Anda memiliki 45 detik untuk merespons.

Jadi, Anda telah membaca semua detail penting dari IELTS vs TOEFL di atas. Untuk mana yang paling mudah, keputusan itu sepenuhnya ditangan Anda. Putuskan tes mana yang sesuai dengan kebutuhan khusus Anda dan benar-benar sempurna untuk Anda dengan melihat apa yang Anda kuasai. Jika Anda lebih menyukai bacaan akademis, wawancara online, mengerjakan soal pilihan ganda, dan mengetik di depan komputer, pilih TOEFL. Tetapi jika Anda akan tampil lebih baik selama wawancara langsung dan lebih memilih jawaban singkat daripada mencoba soal pilihan ganda, IELTS adalah ujian Anda.


Anda pilih yang mana? IELTS atau TOEFL iBT?

Lebih baru Lebih lama
Jakarta Surabaya Bali Balikpapan Samarinda Pekanbaru Makassar Palu Manado Sorong